Ide Membuka Usaha Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

By | February 24, 2019

Bisnis jajanan anak merupakan jenis usaha yang sudah tak asing lagi di Indonesia. Bisa dengan mudah menjumpai berbagai gerai usaha jajanan secara keliling, kantin, warung, toko maupun rumahan. Ada berbagai jenis jajanan yang bisa digeluti. Baik jajanan untuk kalangan anak TK, SD, SMP, SMA dan mahasiswa serta jajanan pasar untuk kalangan umum. Berbagai bisnis jajanan membuat persaingan bisnis kuliner ini sangat ketat. Sebagai bisnis makanan ringan, jajanan akan senantiasa laris dicari banyak orang. Disebabkan sebagai jenis usaha yang memenuhi kebutuhan dasar manusia yaitu makan. Sehingga bisnis jajanan selalu dibutuhkan setiap orang setiap hari. Bisnis ini tidak mengenal istilah sepi konsumen.

Kerinduan banyak orang akan jajanan masa kecil menjadi momen untuk mendulang rupiah bagi para pengusaha. Bahkan dengan sentuhan anak muda, jajanan anak sekolah tempo dulu dimodifikasi dan dikemas dengan gaya kekinian. Mungkin ada sebagian jajanan yang saat ini jarang ditemukan. Oleh karena itu disuguhkan kedalam bentuk tulisan ini.

Cara Membuka Bisnis Jajanan Anak Sekolah

Modal usaha

Usaha jajanan anak sekolah pasti memerlukan modal usaha. Terutama dalam segi uang dan peralatan. Modal usaha jajanan anak sekolah terdiri dari biaya investasi dan biaya operasional usaha. Untuk biaya modal investasi meliputi pembelian alat press pengemas makanan ringan jajanan. Untuk modal operasional adalah pembelian bahan baku, plastik kemasan, gas, listrik dan biaya lain.

Tempat usaha

Bisnis jajanan anak sekolah secara keliling menggunakan gerobak atau sepeda motor. Selain itu, dapat pula menggunakan sistem pemasaran ke warung-warung dan kantin sekolah terdekat. Namun semua itu perlu didukung oleh gerai usaha jajanan anak sekolah yang berada di tempat yang strategis. Untuk sukses bisnis jajanan anak sekolah membutuhkan tempat yang strategis seperti di dekat sekolah, dilalui banyak anak sekolah dan pusat keramaian.

Jenis jajanan

Beberapa Cara Serta Ide Membuka Usaha Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar
Beberapa Cara Serta Ide Membuka Usaha Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Usaha jajanan anak sekolah tidak gampang. Mesti terjun ke lapangan dan melihat jenis jajanan anak sekolah terlaris dan populer yang ada di pasaran. Kemudian sobat dapat memilih membuka usaha jajanan anak sekolah yang laris tersebut dan yang masih jarang pesaing. Sebab percuma jika menjual jajanan yang tidak sesuai selera anak sekolah. Bukan untung malahan buntung. Sebab tidak ada penjualan sama sekali. Penting untuk mengetahui jualan paling laku dan cocok untuk anak sekolah sebelum membuka usaha.

Harga

Masalah harga adalah sesuatu yang sangat sensitif bagi kalangan anak sekolah. Mengingat daya beli mereka cukup rendah. Sehingga produk jajanan anak sekolah yang sobat jual mesti dibanderol dengan harga sesuai dengan kemampuan keuangan mereka. Jajanan anak sekolah bisa dijual di kisaran Rp 1000 sampai Rp 3000. Lebih dari itu, jajanan anak sekolah kurang begitu laku.

Pelayanan

Untuk membuka bisnis jajanan anak sekolah untung jutaan sobat harus memperhatikan kualitas pelayanan. Pastikan melayani konsumen dengan baik, ramah, tepat waktu, bersahabat, sopan, supel, murah senyum, dan sikap baik. Sehingga konsumen terkesan dengan penampilan apik yang diberikan. Yang membuat konsumen memutuskan menjadi pelanggan tetap.

Bisnis jajanan anak SD yang paling laris modal dikit omzet jutaan rupiah

Mie Lidi

Mie lidi adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung. Proses pembuatan hampir sama dengan pembuatan mie instan, hanya bentuk dan tekstur lebih keras, menyerupai sapu lidi. Dengan tambahan bumbu penyedap aneka rasa seperti asin, pedas, balado, keju, hingga BBQ, mie lidi menjadi salah satu jajanan anak sekolah yang masih laris.
Para pebisnis mulai menyasar supermarket dan mall untuk memasarkan produk mie lidi, dengan kemasan yang lebih unik dan menarik. Mie lidi konvensional dengan bungkus plastik biasa dijual dengan harga mulai Rp500. Namun dengan inovasi, satu bungkus mie lidi bisa dihargai hingga Rp15000.

Telur Gulung

Waktu jaman sd dulu telur gulung merupakan jajan favorit anak-anak. Rasa gurih apalagi kalau pakai saus pedas dan kecap. Nah, bagi yang mau bernostalgia sama jajanan ini, kamu bisa membuat sendiri.
Telur gulung adalah salah satu jajanan anak sekolah yang paling banyak dicari. Proses pembuatan sangat sederhana. Telur ayam yang dikocok lepas diberi bumbu penyedap, garam, dan merica, lalu digoreng dan diputar-putar dengan tusuk sate.

Bakso Bakar

Bakso bakar merupakan jajanan yang gak sulit dibuat. Dibandingkan bakso biasa, modal yang dibutuhkan lebih sedikit. Bahan cuma bakso dan beberapa bumbu tambahan. Kamu juga cuma perlu tusuk sate buat penyajian, gak perlu mangkok.

Kue Leker

Kue leker jajanan yang paling spesial di waktu sd. Rasa yang gurih dan manis membuat terus ketagihan. Waktu di sd dulu sih varian rasa ga banyak, tapi sekarang kue leker yang dijual banyak banget variannya dan lebih bikin ketagihan. Kamu juga bisa coba membuat sendiri.
Konon orang Belanda yang tinggal di Indonesia zaman dulu sering mengonsumsi kue lekker. Lekker sendiri memiliki makna enak dalam Bahasa Belanda. Karena rasa yang enak, orang Belanda kerap mengucap “lekker” setiap menyantap kue ini.
Kue lekker adalah versi sederhana crepes yang kerap dijual di mal. Tekstur yang renyah dan manis bikin kue ini ramai peminat. Harga juga jauh lebih murah dari crepes, cuma Rp 2 ribu. Pasar juga gak cuma anak-anak, kalangan dewasa juga banyak yang suka.

Gulali

Gulali terbuat dari gula yang dikeraskan. Yang membuat unik jajanan ini adalah tekstur yang lembek hingga bisa dibuat dalam bentuk apapun, seperti hewan, tumbuhan, atau tokoh kartun favorit kita. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa banyak yang menyukai makanan manis ini.

Rambut Nenek

Bicara soal jajanan anak sekolah, tentu tak terlepas dari makanan-makanan manis. Salah satu kudapan manis yang paling banyak disukai adalah rambut nenek. Bentuk yang seperti serabut dan warna putih pucat membuat makanan sejenis gulali ini disebut rambut nenek.
Masih ingetkan sama jajanan rambut nenek. Rasa manis, semanis kamu. Disebut rambut nenek karena tekstur seperti rambut, biasa berwarna merah, “seperti mantan anak metal”.
Sama dengan jajanan anak sekolah lain yang naik kasta, rambut nenek tak hanya sekadar dijual dengan warna putih pucat dan hanya dibungkus plastik. Para pebisnis menambahkan variasi rasa dan dan warna, dan membuat kemasan yang sangat menarik.

Es Kado

Jajanan es kado merupakan jajanan yang sangat digemari anak-anak sd. Rasa yang manis memberikan kesejukan saat jam istirahat tiba. Saat ini mungkin sangat jarang sekali ditemukan penjual es kado.

Telor Mini

Jika diperhatikan lagi, banyak sekali jajanan anak sekolah tempo dulu yang menggunakan bahan dasar telur. Salah satu adalah telur mini. Proses pembuatan persis seperti menggoreng telur dadar. Namun, pedagang biasa menggunakan cetakan telur yang telah dibentuk kecil-kecil. Jenis telur bukan telur ayam biasa, melainkan telur burung puyuh.
Walau tampilan sederhana, telor mini udah jadi makanan favorit anak-anak sekolah. Pembeli cuma perlu merogoh kocek Rp 2 ribu buat menikmati.

Kue Rangi

Kue rangi merupakan makanan khas tradisional Indonesia yang bahan dasar menggunakan tepung sagu dan parutan kelapa. Waktu masih kecil dulu siapa yang suka jajan kue rangi? Pembuatan simpel tapi rasa tetap enak

Kue Cubit

Kue cubit merupakan jajanan yang banyak di jual di sekolah, bahkan saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Waktu jaman sd dulu, kue cubit jadi jajanan paling diburu oleh anak-anak selain rasa yang tetap enak, kue cubit ini mengenyangkan perut, jadi cocok bagi anak yang punya duit pas
Popularitas kue cubit sempat kembali meroket dua tahun belakangan. Bukan hanya menjadi jajanan anak sekolah yang harga murah, kue cubit naik kasta dan menjadi menu di kafe-kafe kekinian. Cara pembuatan yang sederhana memudahkan penjual kue cubit untuk memodifikasi rasa dan menambahkan topping.

Cilok

Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Sesuai nama jajanan anak sekolah satu ini memang berbahan dasar aci atau tepung sagu. Aci sendiri adalah Bahasa Sunda dari sagu.
Siapa sih yang belum pernah mencoba jajanan khas Bandung ini? Walau cuma berbahan dasar aci dan beberapa bumbu, camilan ini digemari banyak orang. Bahan pembuatan cilok mungkin agak sedikit lebih mahal dari cimol karena memerlukan minyak buat menggoreng. Meski gitu, besaran tetap terhitung murah.
Bisa dibilang cilok adalah versi murah dari bakso. Selain karena bentuk yang sama-sama bulat, bahan pembuatan cilok seperti tepung sagu, daging, dan telur juga hampir sama dengan bahan pembuatan bakso. Beda cilok menggunakan lebih banyak tepung, hingga tekstur lebih kenyal dari bakso. Jajanan anak sekolah ini dibanderol dengan harga mulai Rp2000 per bungkus.

Es Kue Gabus

Di siang hari yang terik, biasa anak sekolah sangat suka menikmati makanan dan minuman yang segar dan manis untuk pelepas dahaga seperti es. Salah satu es yang banyak digemari di masa sekolah adalah es kue gabus.

Es Lilin

Banyak orang yang gak bisa menolak kesegaran es, termasuk es lilin. Jajanan yang sering dijajakan di depan sekolah ini gak memerlukan modal besar. Cuma butuh freezer, blender, box ice, cetakan, dan plastik es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *