Beberapa Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

Beberapa Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil
Beberapa Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

Usaha sampingan untuk karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan. Banyak karyawan yang belum memulai usaha sampingan karena alasan modal. Bukanlah sesuatu hal yang dilarang oleh perusahaan. Yang terpenting tidak mengganggu jam kerja. Memang berprofesi menjadi seorang karyawan adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Bisa mendapatkan gaji besar dan jenjang karir yang bagus. Belum lagi mendapat tunjangan, jaminan kesehatan dan fasilitas lain dari perusahaan. Tentu hidup akan lebih terjamin.

Banyak juga karyawan yang beranggapan harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan. Tak heran, beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha. Besar kemungkinan, jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani usaha.

Oleh sebab itu, perlu mencari alternatif lain. Salah satu dengan mencoba memulai usaha sampingan. Jangan khawatir jika terkendala soal modal. Banyak kok jenis bisnis sampingan yang bisa dimulai dengan modal kecil baik secara offline maupun online. Tetap bisa usaha sambil kerja guna menambah penghasilan.

Makanan untuk sarapan

Berjualan dengan memanfaatkan halaman depan rumah untuk menjual makanan tersebut. Selain itu, menu yang ditawarkan bisa beragam, antara lain bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan.

Advertisement

Modal yang perlu dimiliki untuk memulai usaha ini sekitar Rp 3 juta per bulan. Sekitar 70% uang tersebut untuk membeli bahan baku, misal telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran.

Toko online

Toko online juga sedang ngetren. Salah satu alasan adalah gaya berbelanja masyarakat sekarang yang mulai bergeser ke gaya berbelanja online. Di lihat dari sisi barang yang dijual, bisa menjual barang sendiri atau barang orang lain. Barang fisik yang umum dijual para pelaku toko online adalah pakain, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, dan kaos.

BACA JUGA :  Usaha Jus Buah Sederhana

Modal yang perlu disiapkan untuk membuat toko online tidak besar. Sebagai contoh, modal bisa seperti modal ngeblog di atas jika mampu mendesain sendiri toko online.

Hal menarik lain mengenai toko online adalah tidak harus repot mengirim barang jika menggunakan sistem dropshipping. Para dropshipper-lah yang akan mengirim barang tersebut ke pembeli.

Toko Sembako

Usaha sampingan karyawan yang cukup diminati oleh beberapa orang ialah membuka warung sembako. Selain cukup mudah, usaha sembako bisa dimulai dengan modal kecil. Selain itu, bisa membuka toko cukup dirumah. Hitung-hitung agar istri punya kesibukan yang menguntungkan.

Modal yang perlu dipersiapkan sekitar 8 juta sampai 15 juta rupiah. Modal tersebut digunakan untuk membeli barang dagangan dan beberapa perlengkapan pendukung usaha. Untuk langkah awal, tidak perlu membuat bangunan baru yang tentu membutuhkan banyak modal. Sementara gunakan dulu ruang depan atau garasi rumah. Setelah usaha cukup maju, barulah bangun toko sendiri dihalaman rumah.

Galon Isi Ulang dan Gas Elpiji

Jika punya modal yang cukup besar, jualan galon isi ulang dan gas elpiji bisa menjadi pilihan usaha sampingan karyawan yang menguntungkan. Sekarang ini, kedua sudah menjadi kebutuhan pokok untuk rumah tangga. Jadi, jika berminat jangan merasa ragu untuk memilih usaha ini.

Perkiraan modal yang diperlukan memang cukup besar. Membuka usaha depot isi ulang membutuhkan modal awal 40 juta rupiah yang dipergunakan untuk menyewa tempat, membeli peralatan, galon kosong, gaji karyawan dan operasional.

Modal tersebut memang cukup besar. Namun jika dalam sehari bisa menjual 50 buah dengan harga Rp. 6.000. Maka dalam sehari bisa meraup 300 ribu rupiah. Selama satu bulan pendapatan kotor yang didapat sebesar Rp 9 juta. Setelah dipotong untuk biaya operasional maka pendapatan bersih mencapai Rp 5 juta. Dalam waktu 8 bulan sudah bisa balik modal.

BACA JUGA :  Ide Membuka Usaha Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Angkringan

Jualan minuman dan makanan tetap menjadi salah satu jenis usaha sampingan karyawan yang cukup menguntungkan. Salah satu yang cukup populer adalah angkringan. Apalagi usaha ini kebanyakan dibuka pada malam hari sehingga bisa berjualan sendiri.

Berapa modal untuk bisa membuka usaha angkringan? Kisaran modal hampir sama seperti warung kopi yakni antara 15 juta – 20 juta rupiah yang digunakan untuk membeli gerobak dan barang keperluan lain. Untuk sewa tempat seperti tidak terlalu mahal karena kebanyakan pedagang angkringan berjualan didepan ruko yang sudah tutup.

Kue

Hobi membuat kue dapat membuka toko aneka kue. bisa menjual kue basah maupun kue kering. Kue basah antara lain brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, lapis legit, klepon, apem, onde-onde, dan kue cucur.

Resep-resep aneka kue basah tersebut bisa baca di buku resep. Sementara itu, kue kering yang bisa dijual antara lain walnut cream cheese, sandwich coklat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang coklat.

Modal kecil bukan menjadi penghambat dalam memiliki usaha sampingan karena banyak usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*