Belajar Ilmu Komunikasi

Belajar Ilmu Komunikasi Jurnalistik
Belajar Ilmu Komunikasi Jurnalistik

Komunikasi adalah suatu kajian ilmu yang sangat luas dan intens, dalam kehidupan sehari – hari tidak pernah lepas dari komunikasi. Tapi jangan kira kalau ilmu komunikasi itu cuma pelajaran ngomong doang!

Tahu nggak, kalau komunikasi itu ada banyak macam, mulai dari komunikasi intrapersonal (diri sendiri), komunikasi interpersonal (orang lain), komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, hingga komunikasi massa.

Jurusan Komunikasi semakin banyak peminat di setiap tahun saat ini, pengetahuan tentang apa tujuan mempelajari Komunikasi sampai prospek lulusan seperti banyak orang yang mempertanyakan.

Awal memutuskan untuk belajar Ilmu Komunikasi, anak-anak komunikasi juga engga benar-benar paham mengapa mereka harus mempelajari hal yang sudah biasa dilakukan oleh semua manusia sehari-sehari. Setiap hari manusia menulis dan mengobrol. Ilmu Komunikasi punya peluang besar di masa depan seperti di bidang kehumasan, jurnalistik dan lain – lain.

Advertisement

Tentang Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi ini adalah induk dari ilmu turunan yang lain seperti Jurnalistik, Penyiaran, Hubungan Masyarakat (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, Periklanan (Adveritising), Performing Arts Communication, dan lain-lain.

Dalam jurusan Ilmu Komunikasi akan belajar lebih jauh mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik. Bisa juga dibilang kalau Ilmu Komunikasi itu adalah perpaduan antara ilmu dan seni dalam mengolah pesan.

Dengan mempelajari ilmu ini akan belajar memahami apa saja yang terjadi selama komunikasi berlangsung. Selain itu, bidang pekerjaan juga luas banget! Nggak perlu takut gak akan kebagian pekerjaan karena banyak sekali lowongan yang membutuhkan sarjana Ilmu komunikasi.

BACA JUGA :  Pendidikan Indonesia

Secara garis besar, ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara menyampaikan sesuatu baik antar individu maupun kelompok, tata cara berkomunikasi.

Konsentrasi Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi terdapat beberapa konsentrasi yaitu : Public Relations, Advertising, Broadcasting dan Jurnalistik. Penyebutan nama konsentrasi kajian Ilmu Komunikasi sangat tergantung oleh Universitas dan Fakultas yang bersangkutan sesuai dengan visi-misi universitas dan sangat berfariatif tergantung universitas yang menyelenggarakan Program Studi Ilmu Komunikasi.

  • Public Relations (PR) Public relation

Fungsi khusus manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama. Public Relation dalam praktek sering juga disebut sebagai Humas (Hubungan Masyarakat). Tujuan utama Public Relation yaitu untuk menciptakan citra positif suatu perusahaan / instansi dihadapan masayarakat, share holder dan stake holder. Public Relation juga dapat dimaknai Sebuah usaha Interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak. Public Relations merupakan profesi yang profesional dalam bidang karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus menerus karena public relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan.

Jurusan PR atau humas akan dibekali ilmu seperti public speaking, media relations, PR and publicity, dan banyak lagi. Belajar bagaimana mempertahankan reputasi atau image suatu perusahaan, memecahkan kasus untuk mengembalikan nama dengan menarik kepercayaan publik.

Belajar bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu event atau konferensi pers. Public Relations selalu bersinggungan dengan jurnalis karena PR dan jurnalis saling membutuhkan. Bagi yang senang dengan pekerjaan penuh analisa, strategi dan taktik, Public Relations cocok banget,

Belajar Ilmu Komunikasi Public Relations
Belajar Ilmu Komunikasi Public Relations
  • Advertising (Periklanan)

Penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa.. Advertising berhubungan erat dengan seni baik visual maupun audio visual. Periklanan atau Promosi (Advertising) adalah suatu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengar untuk melakukan sesuatu.

BACA JUGA :  Pengertian Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Menggambar hanyalah ekspresi citra yang dituangkan sebagai bentuk konsep ide di dalam pikiran namun akar tetap ide itu sendiri, menggambar lebih merupakan sarana untuk mencapai tujuan. Praktik advertising tidak akan pernah lepas dari ide. Karena dari ide suatu iklan menjadi bernilai. Advertising menyediakan jasa pembuatan konsep, percetakan serta penempatan iklan, tergantung dengan jenis usaha advertising.

Seiring dengan pesat perkembangan dunia bisnis dan usaha, advertising dapat menjadi salah satu alternatif usaha, karena hampir semua perusahaan membutuhkan jasa periklanan. Bahkan dalam suatu perusahaan, marketing adalah hal yang paling utama. Jadi, pangsa pasar untuk usaha advertising sangat luas. Karena fungsi hanya sebagai distributor dengan mengandalkan kreatifitas. Advertising hanya memberikan ide ide kreatif pada produk iklan.

Perkembangan advertising sangatlah pesat seiring perkembangan teknologi, internet (viral) dan arus globalisasi.Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat membuka pintu bisnis untuk membuka usaha di bidang periklanan. Dengan berbagai produk yang bisa dibuat, maka adverstising mampu memberikan pilihan bagi marketing untuk masuk ke dalam pasar.

Produk advertising adalah sticker, pin, poster, flyer, spanduk, x-banner, roll banner, one way vision, blocknote, baliho, new media, embient media, video iklan, iklan audio dan masih banyak produk-produk advertising yang semakin bermunculan seiring perkembangan dunia maya.

Belajar Ilmu Komunikasi Advertising
Belajar Ilmu Komunikasi Advertising
  • Broadcasting

Proses pengiriman sinyal / pesan ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain – lain. Secara umum broadcasting dimaknai sebagai sebuah kegiatan siaran, produksi siaran atau menyiarkan.

Broadcasting adalah cabang dari ilmu komunikasi yang berhubungan dengan kegiatan penyiaran. Menurut teori ilmu komunikasi bagaimana pesan yang disampaikan sampai kepada khalayak ramai / umum. Karakteristik broadcasting antara lain: memberi informasi, mendidik dan menghibur.

BACA JUGA :  Apa itu dropship dan bagaimana sistem kerjanya

Broadcaster harus menguasai pengambilan gambar menggunakan alat-alat produksi siaran. Dalam pembelajaran broadcasting secara praktek akan mempelajari produksi siaran TV dan siaran Radio mulai praproduksi, produksi, pascaproduksi hingga evaluasi dari hasil yang telah ditayangkan.

Belajar Ilmu Komunikasi Broadcasting
Belajar Ilmu Komunikasi Broadcasting
  • Jurnalistik

Kewartawanan atau pemberitaan. Dalam bahasa Belanda journalistik arti penyiaran catatan harian. Kegiatan Jurnalistik ini berkaitan erat dengan kemajuan industri media. Karena hasil dari liputan sebuah berita akan dituangkan kedalam media, baik media cetak, media elektronik hingga media Online. Seiring perkembangan teknologi informasi maka saat ini mulai bermunculan media-media online.

Belajar Ilmu Komunikasi Jurnalistik
Belajar Ilmu Komunikasi Jurnalistik

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan dan Besar Gaji

Perkembangan media di Indonesia sangat pesat, peluang karir bagi lulusan Komunikasi saat ini bisa dibilang terbuka lebar. perusahaan baik negeri maupun swasta yang membutuhkan tenaga Public Relations profesional. Misal saja mall, hotel, universitas, BUMN, Pemerintah Kota. Lapangan kerja yang paling besar peluang bagi anak-anak Komunikasi adalah media cetak, elektronik, maupun online. Kalau minat bekerja di TV, bisa melamar hampir semua posisi pekerjaan yang ada di media elektronik tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*