Bisnis Online Tanpa Modal Rumahan di Indonesia

By | March 2, 2019

Negara yang maju mana kala jumlah pengusahan dapat menopang pertumbuhan ekonomi negara. Ideal jumlah pengusaha di sebuah negara adalah 3% dari total jumlah penduduk. Namun di Indonesia saat ini, jumlah pengusaha baru mencapai angka 5%. Masih tertinggal dari Malaysia, Singapura, atau negara lain yang bahkan sudah berada di atas 8%. Menjadi pengusaha merupakan idaman banyak anak muda di tanah air, mengingat memang cara berpikir mereka masih sangat idealis.

Bisnis online tanpa modal cocok untuk pemuda di Indonesia. Namun pada kenyataan, masih banyak pemuda di Indonesia yang merasa takut untuk memulai membangun sebuah usaha serta menghadapi realita yaitu risiko kegagalan dari menjadi seorang pengusaha dan menyerah memilih untuk menjadi pegawai kantoran saja.

Peluang bisnis online tidak tertutup hanya kepada perusahaan besar yang memiliki modal banyak dan investor berani menanamkan uang mereka. Terbuka kepada startup atau pengusaha kecil yang baru mulai merintis seperti kita semua. Banyak individual dan usaha kecil dengan modal terbatas yang dapat terjun dan mulai merasakan nikmat berbisnis online.

Apabila ingin membuka usaha pastikan melihat yang saat ini sedang viral, misal sepatu, harus jeli melihat model apa yang sedang di sukai netijen. Sebab, apabila membuka bisnis baik online atau offline namun tidak memperhatikan apa yang sedang viral maka bisnis akan sepi pengunjung.

Peluang usaha seperti ini dapat di lakukan hanya dengan modal sedikit. Bisa juga menjadi reseller atau penjual tangan kedua. Reseller sama seperti penjual hanya mereka tidak memiliki barang yang dijual, sedangkan produsen penjual yang memiliki barang jual. Pastikan sebelum menjadi reseller, harus memperhatikan toko si produsen.

Modal skill dapat bisnis online tanpa modal

Bisnis online terus berkembang dengan tingkat persaingan sangat ketat. Menurut analisis Google Trends, ada peningkatan 20% pada tahun ini dibandingkan tahun lalu. Penjualan global dunia mencapai $ 2,064 triliun, dengan akuntansi seluler sebesar 50,9% dari penjualan tersebut.

Bisnis online di mana pengalaman pelanggan menjadi prioritas akan melihat lebih banyak orang mengunjungi toko eCommerce mereka. Ini termasuk memberikan ulasan pelanggan, keterlibatan media sosial, situs yang dioptimalkan untuk seluler, aplikasi seluler, chatbots, dan lain.

Beberapa contoh memulai usaha bisnis tanpa modal rumahan

Ambil salah satu bisnis online tanpa modal, dan modal yaitu hanya memerlukan skill. Kemampuan yang mungkin ada pada diri sendiri. Ya, ini adalah bisnis yang nyaris tanpa modal. Mungkin modal hanya koneksi internet dan skill.

• Tutorial

Video tutorial memang sangat di minati. Bila ahli dalam bidang desain, bisa membuat video tutorial, kemudian menjual lewat internet dengan harga yang terjangkau. Setelah ada yang melirik serta berminat membeli, vivio pun bisa langsung di kirim via email. Tidak hanya video, e-book pun juga bisa, audio, dan masih banyak lagi. Usahakan membuat tutorial yang memang sudah dikuasai, kemas dalam bentuk yang unik serta menarik, jangan membuat video yang membosankan serta tidak mudah di mengerti, sesuaikan harga dengan para pesaing. Jangan terlalu mahal, karena di pastikan tidak akan di lirik oleh pengunjung, namun jangan pula terlalu murah.

• Affiliate

Hal ini tidak perlu untuk repot untuk membuat produk sendiri. Affiliate, hanya perlu ikut membantu menjualkan produk yang di miliki oleh perusahaan lain. Namun jangan khawatir, Kita tetap akan mendapatkan komisi dari mereka. Biasa komisi tersebut bisa mulai dari beberapa persen dari harga jual produk mereka. Tinggal mengiklankan lewat dunia internet, kemudian para pelanggan akan berdatangan dan memesan produk tersebut. Tentu saja, banyak komisi yang akan diterima tergantung dari banyak produk yang telah dijual. Bila sudah memiliki konsumen yang banyak, bisa jadi ini menjadi bisnis utama.

• Blogging

Blogging adalah salah satu bisnis online tanpa modal. Ini adalah cara beberapa orang di seluruh dunia untuk berpenghasilan dari internet. Blogging adalah semua tentang membuat artikel yang bermanfaat dan mungkin edukatif untuk khalayak yang ditargetkan di internet. Jika berpikir memiliki pengetahuan yang baik tentang subjek tertentu, dapat menghasilkan dengan berbagi pengetahuan ke berbagai audiens melalui blog.

Blogging
Blogging

• Desain Web

Jika tahu cara merancang situs web, tidak boleh membatasi pemasaran layanan desain situs web kepada orang yang dapat dilihat dan kunjungi di dalam lokasi. Ada pasar besar dalam komunitas online yang menunggu untuk disadap. Yang perlu dilakukan adalah daftar layanan online dan jika baik akan menarik klien dari seluruh dunia.

Statistik menyatakan bahwa ada lebih dari 350 juta situs web aktif di internet dan itu tidak cukup untuk memenuhi permintaan orang yang mengunjungi internet. Masih ada cukup banyak untuk belajar dari internet maka orang-orang membuka situs web baru secara teratur.

Content Writer

Banyak situs pencari kerja, khusus bagi yang ingin menjadi pekerja lepas atau freelancer. Biasanya para klien mencari penulis yang bersedia untuk menulis beberapa artikel terkait tentang perusahaan atau media tersebut. Unik, pekerjaan content writer tidak terikat oleh perusahaan dan bayaran juga terbilang lumayan tergantung dari jam terbang menulis. Jika masih penulis pemula, biasa mendapatkan penghasilan yang rendah, sedangkan ketika sudah di jenjang profesional maka upah yang didapat sangatlah besar.

Bila kualitas tulisan sudah semakin baik, coba mulai ambil proyek-proyek penulisan dengan bayaran yang besar sesuai dengan keahlian dan minat. Tidak menutup kemungkinan akan ada banyak orang yang ingin menggunakan jasa.

Waktu memulai bisnis online rumahan

Segera untuk memulai selagi memiliki semangat dan kesempatan. Sebab akan lebih baik memulai sambil belajar daripada harus menunggu hingga sempurna.

Berbagai keluh kesah, jatuh bangun, dan suka duka saat memulai bisnis online, akan menjadikan sebuah pelajaran yang cukup berharga, dan pengalaman ini merupakan guru paling bijak yang tidak akan pernah bisa dibeli dengan harta.

Pilihan bisnis online rumahan tanpa modal yang bisa dicoba. Meski terkesan mudah, namun harus tetap semangat dan jangan mudah menyerah, apalagi saat mengalami kegagalan atau belum mendapatkan banyak klien.

Pilihlah bisnis yang sesuai dengan kemampuan atau hobi agar hasil yang didapat bisa maksimal. Jangan pernah bosan untuk terus belajar dan kerja keras dalam meningkatkan kreativitas yang dimiliki untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Waktu memulai bisnis online rumahan
Waktu memulai bisnis online rumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *