BISNIS WARUNG KOPI TRADISIONAL

Kopi merupakan salah satu minuman populer di Indonesia sejak dulu. Warung kopi kian diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari masyarakat kelas atas semata, warung kopi kian membumi dan mengikuti tren. Warung kopi kekinian makin mudah dijumpai untuk memenuhi lifestyle para anak muda. Karena kian populer, kini banyak pengusaha Indonesia memulai bisnis kopi, dari warung kopi tradisional hingga kafe modern

Unik
Bisnis warung kopi yang menjamur menjadi tantangan bagi pebisnis warung kopi. Sehingga, warung kopi kekinian punya keunikan yang bisa dijadikan pembeda dengan warung kopi lainnya. Potensi apa yang dimiliki oleh bisnis warung kopi yang dirintis.

Menu
Untuk melengkapi hidangan warung kopi tidak hanya sekedar jenis minuman saja, tapi menyediakan beberapa jenis makanan ringan (cemilan) juga bisa menjadi penambah penghasilan. Pengunjung juga tidak akan lama dan santai jika di warung kopi tidak ada pilihan lain meskipun hanya cemilan kacang goreng atau jajanan murah lainnya.

Jika belum memiliki pelanggan atau konsumen yang tetap, jangan sekali kali menyediakan menu yang terlalu beresiko seperti membuat jajanan gorengan yang mana tidak akan bisa digunakan untuk besok jika hari ini tidak laku. Sediakan saja makanan ringan kering yang tahan dan tidak mudah basi dengan menerima titipan dari orang lain dengan perhitungan komisi atau bayar yang laku.

Advertisement

Tren
Pemilik warung kopi pun harus kekinian dan mengikuti perkembangan zaman, si pemilik warung kopi bisa tahu apa yang tengah jadi topik hangat di tengah masyarakat. Cari tahu tentang minat konsumen, era, gaya, dan perkembangan zaman. Bisa diaplikasikan untuk mengembangkan bisnis. Misal desain ruangan atau suasana warung kopi yang kekinian.

BACA JUGA :  Bisnis Online Tanpa Modal Rumahan di Indonesia

Modal
Modal adalah hal penting yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis. Untuk memulai bisnis warung kopi, misal modal sewa tempat, modal gaji pegawai, modal membeli peralatan. Mulai dengan warung kopi sederhana dan jangan pernah paksakan untuk membuat warung kopi yang mewah sesuaikan dengan kemapuan modal dan finasial.

Konsep
Dalam persaingan bisnis kopi konsep yang kuat akan membuat warung kopi memiliki ciri unik. Selain untuk membedakan dengan bisnis kopi lainnya, konsep ini juga dapat membantu menarik konsumen hingga membantu mengembangkan warung kopi. Konsep yang digunakan dalam membuka warung kopi akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Misalnya, memiliki ide konsep minimalis, maka menu kopi yang dibuat juga harus berkonsep minimalis. Apapun konsep yang digunakan, tetap harus mengedepankan kenyamanan dan kenikmatan saat kebanyakan orang menikmati kopi dengan bersantai.

Target
Sebelum memulai perlu juga memikirkan dan menentukan siapa target yang cocok untuk bisnis warung kopi. Setelah menentukan target konsumen, harus mulai menganalisa dan berapa penghasilan.Minta pendapat mereka tentang cita rasa kopi.
Dengan memahami konsumen dengan baik, berarti mulai menentukan strategi yang tepat seperti lokasi bisnis, desain coffee shop yang cocok dan harga yang pas

Lokasi
Bisnis warung kopi yang dijalankan memiliki lokasi strategis adalah salah satu hal yang dapat menentukan apakah bisnis warung kopi akan berkembang. Contoh menggunakan konsep warung kopi sederhana, harus memilih lokasi yang berdekatan dengan banyak orang. Namun, jika menggunakan konsep kafe dapat mencari lokasi yang berdekatan dengan kampus, mall, sekolah dan kantor.

Promosi
Promosi merupakan cara untuk memperkenalkan bisnis ke masyarakat luas. Di mana promosi bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan social media, endorse dan review warung kopi, atau memberikan diskon harga kepada konsumen di hari spesial seperti ulang tahun. Selain promosi bisnis, Anda juga harus terus berinovasi untuk terus mempertahankan eksistensi warung kopi dan mengembangkan bisnis.

BACA JUGA :  Peluang Bisnis Untuk Pelajar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*