Cara Mendidik Anak Usia 3 Sampai 5 Tahun Agar Cerdas dan Aktif

Cara Mendidik Anak Usia 3 Sampai 5 Tahun Agar Cerdas dan Aktif
Cara Mendidik Anak Usia 3 Sampai 5 Tahun Agar Cerdas dan Aktif

Anak merupakan tahapan semua manusia dimana pada proses tersebut mereka mencari ilmu dan berbagai informasi terkait hal yang baru mereka kenal. Proses anak sendiri sudah dibagian beberapa tahap agar mempermudah dan memperjelas serta mengelompokan sifat, karakter, cara belajar hingga cara mendidik.

Usia 3 tahun merupakan proses anak yang paling sering dan paling mudah menghadapi hal rentan. Dimana anak usia 3 tahun sudah bisa memproses informasi sendiri namun belum total mengerti dan belum bisa membedakan apakah hal yang anak tersebut lakukan baik atau tidak.

Anak usia 3 tahun baru bisa berjalan dan lancar berbicara. Anak usia 3 tahun juga sedang mencoba memperkaya kosa kata yang ia miliki. Namun bagaimana cara tepat dalam mendidik anak usia 3 tahun ?

Sebagai orang tua hendak kembangkan kosakata dan variasi kalimat kepada si kecil dengan cara menceritakan atau mendeskripsikan suatu obyek agar dia mudah menyerap kata-kata yang Anda sampaikan, misal menceritakan tentang makanan yang ia makan, tentang jenis mainan yang ia mainkan, bercerita mengenai anggota keluarga, macam-macam profesi, atau menceritakan dongeng di buku cerita.

Advertisement

• Lihat Kebutuhan Utama
Jika ada kesalahan maka salah terjadi pada orang tua yang tidak bisa memenuhi kebutuhan, termasuk anak usia 3 tahun. Anak yang berusia 3 tahun belum bisa menentukan apakah kebutuhan utama atau prioritas mereka, maka orang tua diharuskan menyiapkan. Namun, bukan berarti harus selalu dimanjakan. Anak usia 3 tahun harus bisa melihat minimal kebutuhan sederhana seperti makan mengambil sendok atau lain.

• Keadilan
Saat anak berusia 5 tahun, ajarkan dia mengenai keadilan. Rasa adil bisa ditumbuhkan sejak usia dini dengan cara mengajarkan anak untuk belajar mengakui kesalahan. Saat usia 5 tahun, anak mulai merasa malu. Oleh karena itu tanamkanlah pada si kecil untuk tidak malu mengakui kesalahan mereka.

BACA JUGA :  Apa itu dropship dan bagaimana sistem kerjanya

• Berikan Waktu Istirahat
Pada anak usia 3 tahun, mengajarkan bagaimana dan kapan waktu yang tepat untuk istirahat sangat penting. Dengan begitu mereka mengerti kapan harus istirahat kapan mereka tetap bisa bermain tanpa harus rewel atau merepotkan orang tua. Tak jarang anak sudah usia 3 tahun masih rewel seperti bayi padahal hanya ingin minum atau tidur dan istirahat.

• Kejujuran
Mengajarkan kejujuran adalah cara lain untuk mendidik anak usia 5 tahun. Berhati-hatilah karena anak yang merasa takut untuk berkata jujur akan cenderung berbohong. Biasa, hal ini terjadi lantaran mereka takut dimarahi setiap melakukan kesalahan. Saat anak merasa diri akan dimarahi maka dia akan cenderung berbohong. Oleh karena itu, Anda perlu berkomunikasi dengan anak.
Hindarilah memarahi si kecil saat dia melakukan kesalahan. Sebaliknya, nasihatilah anak Anda dan tanamkan bahwa kebohongan akan merugikan diri dan orang lain.

• Ilmu agama penting
Anak usia 3 tahun mungkin belum tahu apakah ayat dan arti dari sebuah kitab. Namun usia 3 tahun sudah bisa dibiasakan dan diterapkan ilmu agama yang seringkali molos alias tidak diajarkan oleh kebanyakan orang tua. Padahal anak usia 3 tahun masihlah sederhana dalam mengenal agama, seperti berdoa sebelum makan, bagaimana berdoa sebelum tidur dan lain.

• Etika hal utama
Etika merupakan hal utama yang harus diterapkan, karena etika merupakan hal yang penting dan sering disepelekan. Etika juga seringkali menjelaskan darimana anak tersebut dan keluarga tersebut. Sehingga etika bisa menjadi identitas secara tidak langsung.

• Menulis dan menggambar
Cara mendidik anak usia 5 tahun lainnya adalah dengan mengajarkan menulis dan menggambar. Menulis berperan penting dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik halus pada si kecil. Tujuan adalah melatih anak untuk berpikir serta menuangkan apa yang ada di dalam pikiran mereka. Tak hanya menulis, menggambar juga kemampuan yang perlu diajarkan pada anak Anda.
Berlatih menulis dan menggambar sangat bermanfaat bagi anak Anda. Tidak hanya untuk masa depan, tapi juga membantu merangsang anak. Saat latihan menulis, mintalah anak Anda untuk menuliskan huruf dasar atau menggambar sesuai dengan imajinasi mereka. Lakukanlah cara yang menarik agar mereka tidak merasa bosan.

BACA JUGA :  Ternak 1 website ala google adsense dan trik untuk di setujui

• Olahraga
Olahraga merupakan hal yang mungkin tidak perlu dilakukan anak usia 3 tahun, karena mereka telah aktif dalam menggunakan kegiatan fisik lebih dari orangtua. Namun olahraga bisa menjadi kebiasaan baik dan positif untuk menerapkan pola hidup sehat tanpa harus mentitah atau menyuruh ataupun memaksa karena sudah terbiasa.

• Cara berpakaian yang baik
Cara berpakaian yang baik bisa diajarkan pada usia 3 tahun. Tak jarang orang tua masih membiarkan anak usia 3 tahun tak mengenakan pakaian lengkap karena kegerahan, atau mungkin menggunakan pakaian pendek karena mereka masih kecil. Nyata berpakaian yang baik haruslah menjadi kebiasaan sejak kecil termasuk usia 3 tahun.

• Bagaimana berbicara dengan benar
Sering mendengar anak berusia 5 tahun masih cadel atau berbicara dengan sulit ? kenapa hal ini terjadi ? sebenarnya kejadian ini bisa jadi efek dari anak yang mengalami kendala ketika berbicara di usia bawah. Mereka yang bisa berbicara dengan baik namun sengaja di cadelkan dan ditoleransi akan menyebabkan kebiasaan dan akhir kesulitan berbicara dengan benar.

• Ajak permainan dengan level berbeda
Anak-anak pasti senang bermain, namun untuk usia 3 tahun apakah permainan harus selalu menyenangkan dan menghibur ? nyata tidak juga. Dimana anak usia 3 tahun sudah bisa memberontak dan juga melanggar aturan, maka orang tua harus bisa mendidik anak usia 3 tahun dengan cara yang berbeda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*