Dasar-Dasar Ilmu Hukum dan Tata Hukum

Dasar Ilmu Hukum
Dasar Ilmu Hukum

Hukum Indonesia adalah hukum yang berlaku di Indonesia pada saat ini. Suatu hukum dikatakan berlaku, apabila hukum itu dikeluarkan atau diresmikan serta dipertahankan oleh negara. Disamping hukum yang berlaku kita juga mengenal “hukum yang hidup/living law” walaupun tidak dikeluarkan oleh negara tetapi secara nyata dipergunakan dalam pergaulan hidup bermasyarakat.

Ilmu di dunia ini bagaikan setetes air dari lautan yang Obyek yang diatur sekaligus menjadi subyek (pelaku), sehingga metode keilmuan yang dipakai adalah metode keilmuan humanities (humaniora) yang dinamakan juga geisteswissenscaften, mempunyai konsekuensi metodologi dan kausalitas pragmatis yaitu benar sesuai dengan consensus Hukum positif tidak menggunakan metode ilmu pasti alam/naturwissenschaften. Jurist sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya adanya alasan pemaaf dan alasan pemberat hukuman.

Pengertian Tata Hukum Indonesia

Setiap negara di dunia mempunyai hukum sendiri yang berbeda dengan hukum negara lain. Seperti bahasa yang mempunyai tata bahasa, maka hukum mempunyai tata hukum, dimana setiap orang dapat mempelajari dan mengetahui isi hukum itu.

Advertisement

Kata “tata” menurut kamus bahasa Indonesia berarti aturan, kaidah aturan, susunan, cara menyusun, sistem. Tata hukum berarti peraturan dan cara atau tata tertib hukum disuatu negara. Dalam kaitannya di Indonesia, yang ditata itu adalah hukum positif yang berlaku di Indonesia. Hukum yang sedang berlaku artinya apabila ketentuan-ketentuan hukum itu dilanggar maka bagi si pelanggar akan dikenakan sanksi yang datangnya dari badan atau lembaga yang berwenang.

Pengertian Tata Hukum di Indonesia merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan hukum, disamping pengantar ilmu hukum, karena baik Pengantar Tata Hukum Indonesia maupun Pengantar Ilmu Hukum masing-masing mempunyai obyek penyelidikan sendiri. Dengan demikian penyelidikannya tidak terlepas pada Ius Constitutum saja, melainkan juga menyelidiki Ius Constituendum.

BACA JUGA :  Pengertian dan Jenis-jenis Landing Page untuk Berbisnis Online

Tujuan Mempelajari Tata Hukum Indonesia

  • Mengetahui peraturan-peraturan hukum yang berlaku saat ini di suatu wilayah negara atau hukum positif atau Ius Constitutum
  • Perbuatan-perbuatan mana yang menurut hukum dan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum.
  • Mengetahui kedudukan seseorang dalam masyarakat atau hak dan kewajibannya.
  • Mengetahui saksi-saksi apa yang diderita oleh seseorang bila orang tersebut melanggar peraturan yang berlaku.
  • Menurut samidjo tujuan mempelajari tata hukum Indonesia adalah mempelajari hukum yang mencakup seluruh lapangan hukum yang berlaku di Indonesia, baik itu hukum yang tertulis maupun hukum yang tidak tertulis.
Dasar Ilmu Hukum
Dasar Ilmu Hukum

Politik Hukum Nasional

Pemakaian kata “politik” dalam Politik hukum Nasional menurut Hartono Hadisoeprapto, berarti kebijaksanaan (policy) dari penguasa Negara Republik Indonesia mengenai hukum yang berlaku di Negara Indonesia. Menurut pendapat Teuku Mehammad Radhie yang mengatakan: “Adapun politik hukum disini hendak kita artikan sebagai pernyataan kehendak Penguasa Negara mengenai hukum yang berlaku diwilayahnya dan mengenai arah kemana hukum hendak diperkembangkan.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*