Kegagalan Adalah Sahabat Terbaik Yang Pernah Ada

By | May 23, 2018

Saya tidak pernah gagal, saya hanya butuh proses penemuan sebanyak 1800 kali

By Thomas Alfa Edison

Pada dasarnya manusia adalah pribadi yang sangat kreatif yang selalu ingin tahu hal hal baru. Manusia selalu ingin tampil menonjol di depan orang lain, merasa tertantang mencoba petualangan yang bagi orang lain mustahil dan mereka berpikir tantangan baru tersebut harus di tuntaskan.

Manusia berlomba lomba ingin menjadi nomor satu, ingin mendapatkan yang terbaik, ingin di puji dan ingin di hargai. Fenomena seperti ini lumrah pada diri manusia karena mereka memiliki ego secara naluriah.

Tetapi pada suatu titik manusia menjadi penakut, tidak sekreatif sebelumnya dan cenderung menunggu perintah. Hal ini tidak lain karena manusia dewasa tumbuh menjadi orang yang takut pada kegagalan. Penelitian pernah di lakukan oleh George Land bahwa seorang anak kecil memiliki tingkat kretivitas yang jauh lebih tinggi di bandingkan orang dewasa.

Anak kecil adalah contoh terbaik dalam proses berani gaga

Seorang anak kecil memiliki tingkat kreativitas yang tidak bisa di saingi seorang pria dewasa. Banyak hal yang bisa kita ambil contoh, ketika seorang anak memegang binatang orangtua melarang nya.

Ketika anak kecil berjalan menghampiri ibunya di dapur dan memegang pisau ibunya melarang. Bahkan ketika anak anda menyeberangi jalan raya, anda berteriak supaya dia jangan menyebrang seorang diri

Anak kecil berani karena mereka belum tahu apa itu bahaya, bagi mereka tidak ada kamus kegagalan. Bandingkan ketika seorang anak kecil belajar berjalan atau naik sepeda, mereka jatuh berkali kali tetapi berani bangkit dan memulai lagi.

Walaupun mereka berdarah darah mereka tidak mundur. Mereka mencoba lagi sampai pada akhirnya mereka bisa.

Semua manusia melalui proses dan pembelajaran yang sama, anda dan saya sama sama belajar berjalan dan naik sepeda dan kita semua bisa melewati proses itu. Jika anak kecil tidak peduli pada proses kegagalan, bagaimana dengan kita.

Kita menjadi manusia yang penakut dan selalu berpikir apa akibatnya jika kita memulai. Belum juga mencoba, pikiran kita sudah di rasuki virus kegagalan.

Pada saat anda mengejar seorang cewek atau cowok idaman, seluruh energi, pikiran, biaya dan waktu anda di investasikan untuk mendapatkan si dia.

Begitu pada saat jawaban keluar dari mulut sang target “BOOM” anda di tolaknya, perjuangan selama itu sia sia dan tidak bearti. Anda merasa kapok, teman dan sahabat pun bergunjing bicara tentang kegagalan anda.

Semua orang pernah merasakan gagal. Di masa muda, Anda pernah merasakan gagal menjalin hubungan asmara, pada saat yang sama anda sedih karena merasa tidak memperoleh apa yang anda harapkan, perjuangan menjadi sia sia.

Tetapi kemudian Anda bangkit lagi dan pada saat yang tepat Anda menemukan seorang pujaan hati. Berkali kali kegagalan menimpa anda, barulah anda menemukan seorang yang cocok. Pada saat itulah anda membina hubungan dan membangun sebuah keluarga.

Dalam hal bisnis, politik pekerjaan kita semua pernah merasakan gagal. Pada saat kita tidak memperoleh pekerjaan, kita berani mengevaluasi di mana kekurangan yang kita miliki. Kita memperbaiki itu, mencoba lagi sampai kita berhasil ,mendapatkan pekerjaan idaman.

Di bidang politik, banyak para politikus kenamaan yang pada awal nya juga orang yang jatuh bangun memulai karir politik dari bawah. Tidak ada  tokoh politik yang langsung melejit dan memenangkan pemilihan umum. Semua memerlukan perjuangan dan proses.

Gagal dan sukses adalah bagian dari itu. Anda tahu bagaiman SBY keluar dari kabinet karena dianggap gagal. Tetapi sukses pada persaingan pemilihan presiden.

Jika kita berani belajar dari kesalahan masa lalu niscaya kita akan mendapatkan pengalaman yang bagus. Kita akan semakin arif berkat pengalaman dan kegagalan yang terjadi. Di dalam bisnis kalau tidak untung ya rugi. Ini hukum nya, jika tidak sukses pastilah gagal.

Kebanyakan para pengusaha mengalami kegagalan pada satu sampai tiga bisnis pertama mereka. Kegagalan bisnis membuat mereka belajar bagaimana menangani perusahaan dan mengembangkannya. Mereka bangkit lagi memulai dengan yang baru, berinovasi, perbaikan, efisiensi. Dan mampu membangun bisnis raksasa. Inilah keajaiban kegagalan.

Tidak seorang pun di dunia ini yang tidak pernah merasakan kegagalan. Kalau anda setuju mengapa kita harus takut akan hal itu. Majulah terus, karena apapun yang Anda kerjakan, dari mana pun Anda beranjak kemungkinan dan peluang itu terbuka lebar.

Jangan melihat sesuatu hanya dari sisi keberhasilan. Seorang pakar kegagalan pernah berucap “Orang orang hanya melihat kita dari sisi sukses, padahal mereka tidak tahu kita mengalami kegagalan yang begitu banyak”.

Ironis memang kenyataan berbicara terbalik, kita tidak mau jujur terhadap proses. Kegagalan harus lebih banyak daripada sukses, sukses itu adalah hasil yang di peroleh berkat kegagalan berulang ulang. Kita menemukan hal baru, jika kita puas diri kita tidak akan bertumbuh.

Mulai lagi, lakukan kesalahan, belajar darinya dan temukan apa yang anda mau.

BACA JUGA : Biografi Pengusaha Sukses Di Usia Muda

KESIMPULAN

Banyak orang yang sudah bersusah payah setengah jalan dalam membangun kerajaan bisnis nya namun hampir 80% di antaranya memilih untuk menyerah.

Sisa Setengah Jalan itu lah yang seharusnya membawa anda pada titik perubahan karena berhasil melewati banyak nya kegagalan sehingga mental serta pengalaman anda menjadi semakin kuat.

Jadi jangan pernah berhenti mengerjakan atau membangun suatu impian, jika anda memutuskan untuk mencapainya selesaikan itu sampai titik darah penghabisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *