Ide Usaha Kreatif Untuk Bisnis Anak Muda

Ide Usaha Kreatif Yang Tak Butuh Modal Besar Untuk Bisnis Anak Muda
Ide Usaha Kreatif Yang Tak Butuh Modal Besar Untuk Bisnis Anak Muda

Peluang bisnis dan usaha sampingan paling ideal atau cocok dijalankan oleh anak muda adalah yang berbasis teknologi karena menyesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini. Membuka bisnis sendiri sedang menjadi tren. Hal ini bisa dilihat dari banyak perusahaan startup dan bisnis kreatif yang sebagian besar dilakoni oleh anak muda.

Merintis bisnis pribadi memiliki tantangan tersendiri sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk dapat mewujudkan bisnis yang sukses. Di tengah persaingan yang tinggi, bisnis kreatif tetap bisa bertahan dan menjadi sorotan karena tampil dengan beragam inovasi menarik.

Modal kecil atau bahkan nol, terkadang merupakan hambatan utama bagi anak muda yang ingin menjadi pengusaha. Tetapi jika dicermati tidak sedikit ide bisnis anak muda yang hanya membutuhkan modal kecil namun tetap menjanjikan.

Keberhasilan mereka menjadi pengusaha di usia muda dengan modal terbatas tidak terlepas dari keputusan mereka dalam menentukan ide bisnis yang tepat dan sesuai bagi mereka.

Advertisement
Ide Usaha Kreatif Yang Tak Butuh Modal Besar Untuk Bisnis Anak Muda
Ide Usaha Kreatif Yang Tak Butuh Modal Besar Untuk Bisnis Anak Muda

Berbisnis tidak perlu menunggu tua atau punya modal segambreng. Di sekitar, banyak kok yang sudah membuktikan jika bisnis bisa dimulai kapan saja. Bahkan, ada yang berhasil menjadi pengusaha sukses gara-gara situasi kepepet. Asal punya ide kreatif dan niat, memiliki bisnis bukan lagi isapan jempol.

Blogger

Blogger adalah salah satu ide bisnis anak muda yang menjanjikan dan dapat dijadikan pilihan jika mempunyai hobi menulis, ketertarikan mendalam terhadap suatu niche dan tekun untuk menulis.
Untuk membuka usaha ini bisa juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena menurut yang kami ketahui seorang blogger lebih sering tidak mengeluarkan modal alias menggunakan sarana gratisan dari situs blogger.com.

BACA JUGA :  Peluang Bisnis Untuk Pelajar

Toko Online

Merintis bisnis toko online dengan membuka toko di online marketplace seperti tokopedia, atau dengan mengembangkan jaringan di instagram/facebook, atau bisa juga dengan membuka toko online dengan website sendiri.

Peluang usaha anak muda yang satu ini, membuka toko online dengan domain sendiri dapat menjadi pilihan karena dengan domain sendiri dapat mengumpulkan calon pelanggan dari berbagai sumber dalam satu tempat dan membangun brand bisnis dengan lebih kuat.

Print 3D

Print menggunakan media kertas sudah biasa, tapi bagaimana jika print yang mencetak mirip dengan bentuk asli alias tiga dimensi. Print 3D bisa menjadi ide bisnis kreatif yang bisa digeluti karena keberadaan masih langka di Indonesia sehingga pesaing tidak terlalu banyak. Untuk dapat membuka bisnis print 3D ini, pasti harus memiliki printer khusus 3D terlebih dahulu.

Trading Saham

Bisnis ini sedikit asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun usaha ini sudah malang melintang di dunia perbisnisan negeri ini. Sebagai orang awam tidak perlu ragu dan khawatir untuk bisa terjun ke bisnis ini.

Software Developer

Segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi akan terus memunculkan minat apalagi perkembangan teknologi yang kian maju. Jika memiliki ilmu programming, maka tak ada salah membangun bisnis anak muda sebagai independent software developer.

Pundi-pundi uang pun bakal mengalir ke kantong. Bisnis satu ini memang cukup menjanjikan untuk dijalankan oleh anak muda, namun tentu saja harus memiliki keahlian dibidang programming khusus pembuatan software. Di zaman sekarang ini keahlian memang sangat dituntut jika ingin sukses, tidak hanya didunia bisnis tetapi juga didunia kerja.

Trip Travel

Jasa pelayanan trip dan terus mencuat ke permukaan seiring banyak permintaan travelling. Anak muda yang kreatif melihat celah tersebut dengan membangun bisnis open trip yang melayani permintaan jalan-jalan ke destinasi wisata tertentu dengan fee tertentu pula. Bagi para traveller, jelas bisnis ini adalah bisnis yang bakal berkembang pesat.

BACA JUGA :  Lahan Bisnis Yang Memiliki Prospek Profit Menjanjikan

Warung Kopi

Warung Kopi menjadi salah satu bisnis yang kerap dilirik anak muda karena selalu memiliki penggemar. Salah satu kelebihan warung kopi sebagai tempat nongkrong terbaik dengan fasilitas wifi gratis, varian menu baru hingga dekorasi tempat yang instagramable menjadi alasan bisnis ini terus berkembang pesat.

Bisnis warung kopi begitu menjanjikan sekarang ini dan mampu menghasilkan ombset hingga puluhan juta rupiah per bula, asalkan tahu bagaimana cara mengelolah dan mengembangkan.

Kerajinan Rotan

Naik nilai tukar US Dollar ternyata tidak hanya berdampak buruk pada industri bisnis Indonesia. Ada sektor industri yang ternyata malah mendulang untung berlipat akibat dampak kenaikan US Dollar, yaitu kerajinan rotan. Kenapa bisa untung? Karena kerajinan rotan yang dihasilkan akan diekspor ke luar negeri. Perlu diketahui, permintaan akan kerajinan rotan dari negera-negara Eropa dan Jepang ini sangat tinggi.

Manfaat Membangun Bisnis Usia Muda

Banyak keuntungan atau manfaat yang bisa di dapatkan jika memiliki keinginan untuk membangun bisnis usia muda. Usia muda jelas bukan halangan untuk bersantai mengingat pergerakan arus persaingan yang semakin pesat. Di era modern, seseorang dituntut memiliki keterampilan dan kreativitas tinggi untuk menjadikan diri sendiri menjadi lebih baik dibanding anak muda lain.

Teknologi Maju

Teknologi merupakan salah satu sarana terbaik untuk melakukan ekspansi bisnis saat ini. Youtube, akun sosial, website merupakan kunci bagi seorang pebisnis yang hendak menekuni jual beli online. Apalagi market online sangat terbuka lebar bagi yang akan membangun bisnis usia muda. Anak muda lebih cepat memahami teknologi dibanding para orangtua. Memiliki poin plus dibanding mencoba membangun bisnis kala usia telah matang.

Lapangan Kerja

Waktu kuliah, namun sudah bisa membangun bisnis usia muda yang menguntungkan merupakan salah satu hal yang patut diacungi jempol. Generasi penerus bangsa yang berprestasi karena membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran. Jika teman-teman lain sibuk bekerja, tapi ini menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

BACA JUGA :  BISNIS WARUNG KOPI TRADISIONAL

Kesempatan Berkembang dari Kegagalan

Jelas tak ada usaha sukses yang instan termasuk membangun bisnis usia muda. Usia muda membuat semangat seseorang tak lekang untuk terus belajar dan memahami mengenai suatu bisnis. Kegagalan jelas tidak menghambat anak muda untuk mencoba kembali. Dengan usia yang relatif belia, semangat dan kondisi fisik prima membuat anak muda memiliki banyak kesempatan untuk terus berkembang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*