PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pendidikan adalah merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga Negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar,pendidikan menengah maupun tinggi. Dalam bidang pendidikan seorang anak dari lahir memerlukan pelayanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan disertai dengan Pemahaman mengenai karakteristik anak sesuai pertumbuhan dan perkembangan akan sangat membantu dalam menyesuaikan proses belajar bagi anak dengan usia, kebutuhan, dan kondisi masing-masing, baik secara intelektual,emosional dan sosial.

Sebelum bicara lebih jauh, apa sih pendidikan anak usia dini? Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan Anak Usia Dini Itu Penting

Advertisement

Hasil penelitian sekitar 50% kapabilitaas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun, 80% telah terjadi perkembangan yang pesat tentang jaringan otak ketika anak berumur 8 tahun dan mencapai puncak ketika anak berumur 17 tahun, dan setelah itu walaupun dilakukan perbaikan nutrisi tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif.

Hal ini berarti bahwa perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama sama besar dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 16 tahun. Sehingga periode ini merupakan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode hingga masa dewasa. Sementara masa emas ini hanya datang sekali, sehingga apabila terlewatkan berarti habis peluang.

BACA JUGA :  Sangat penting untuk anda ketahui tentang CASHFLOW QUADRANT

Sebelum orang-orang sukses memberikan banyak kontribusi bagi kemajuan negara bahkan kemajuan dunia, pasti mereka mengalami masa golden age (usia dini yang berharga).

Semasa golden age ditempa dengan didikan oleh orang tua, terbiasa disiplin, atau memang sudah  memiliki kreativitas yang tinggi pada saat usia dini. Belum banyak orang tahu kapan masa golden age ini, dan kapan pendidikan usia dini dimulai.

Menurut Byrnes, pendidikan anak usia dini akan memberikan persiapan anak menghadapi masa depan, yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah. “Saat ini, beberapa taman kanak-kanak sudah meminta anak murid yang mau mendaftar di sana sudah bisa membaca dan berhitung. Di masa TK pun sudah mulai diajarkan kemampuan bersosialisasi dan problem solving. Karena kemampuan-kemampuan itu sudah bisa dibentuk sejak usia dini,” jelas Byrnes.

Menurut Byrnes, bahwa pendidikan anak usia dini itu penting,karena di usia ini anak membentuk pendidikan yang paling bagus. Di usia ini anak harus membentuk kesiapan diri menghadapi masa sekolah dan masa depan. Investasi terbaik yang bisa Anda berikan untuk anak-anak adalah persiapan pendidikan mereka di usia dini.

Kemendikbud mewajibkan siswa mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD) yakni TK dan kelompok bermain sebelum masuk SD. Selain itu, UNESCO pun mengharuskan anak belajar satu tahun sebelum masuk SD.Salah satu program UNESCO mengharuskan anak merasakan pendidikan pra-sekolah, dengan tujuan agar anak siap memasuki lingkungan sekolah.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik / koordinasi motorik halus dan kasar, kecerdasan seperti daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual, sosial emosional serta sikap dan perilaku serta agama bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

BACA JUGA :  Ternak 1 website ala google adsense dan trik untuk di setujui

Dilema Orangtua dan Biaya Pendidikan

Setiap orang tua tentu menginginkan anak mendapatkan pendidikan yang terbaik dan lebih sukses dari pada orangtua. Masih banyak orang tua yang merasa berat secara keuangan jika harus menyekolahkan anak di TK bagus dan mahal.

Bagaimana solusi? Tentu tidak akan selesai dengan hanya berdiam diri. Banyak sekali perspektif yang muncul saat membahas pendidikan anak. Bahwa hanya dengan menabung saja, uang untuk pendidikan anak bisa tertutup asal rutin.

Ada juga yang berpikir bahwa menabung saja tidak cukup karena menyadari biaya pendidikan yang terus mengalami inflasi tiap tahun. Berinvestasi dengan asumsi mampu mengejar inflasi pendidikan setiap tahun.

Berpikiran tidak perlu menabung atau melakukan apapun karena untuk bayar biaya sekolah sudah dipermudah oleh tuhan Yang Maha Esa. Tipe orang tua yang pasrah karena berpikir setiap orang sudah memiliki rezeki masing-masing.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*