Tips Langkah Awal Memulai Usaha Bisnis dari Bawah

Tips Langkah Awal Memulai Usaha Bisnis dari Bawah
Tips Langkah Awal Memulai Usaha Bisnis dari Bawah

Merintis usaha sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal penting yang mesti dipersiapkan. Mulai dari jenis usaha yang akan dijalankan sampai dengan segi pemasaran. Jika kurang pengetahuan dan tidak serius dalam membangun usaha tersebut, usaha tidak akan berkembang dan bisa mengalami kerugian.
Oleh sebab itu, banyak calon pengusaha yang menggunakan jasa konsultan bisnis. Mereka berharap bisa mendapatkan strategi dan perencanaan yang matang sebelum memulai usaha yang akan ditekuni.

Jenis Usaha
Sebelum memutuskan untuk merintis usaha sendiri, penting untuk menentukan jenis usaha dan membaca peluang bisnis saat ini yang memiliki prospek cerah.
Selain itu, jenis usaha tersebut harus sesuai dengan minat dan keahlian. Percuma menjalankan sebuah usaha tetapi tidak yakin. Setengah hati dalam mengembangkan usaha tersebut. Malahan, bisa menyerah ditengah jalan ketika merasa bisnis tidak sesuai yang diharapkan.
Coba dipikirkan terlebih dahulu sebelum memulai sebuah usaha. Tulis dalam buku catatan tentang minat, keahlian, bakat, dan hobi. Disamping itu bisa menulis beberapa jenis usaha yang ingin dirintis.
Sebagai contoh, hobi membuat aneka macam kue. Dari hobi tersebut bisa menentukan jenis usaha yakni membuka usaha toko kue. Jika minat terhadap fashion. Jenis usaha yang cocok adalah membuka toko pakaian.

Survei
Setelah menentukan jenis usaha yang akan digeluti, Melakukan survei dilapangan. Kenapa harus melakukan survei? Hal ini penting untuk mengetahui seberapa besar peluang usaha tersebut. Apakah memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi atau tidak.
Survei dilapangan bermanfaat untuk melihat tingkat persaingan usaha yang sejenis dengan usaha. Seberapa banyak orang yang telah menjalani usaha tersebut.
Disamping itu, harus mencari informasi bagaimana kualitas dan ciri khas produk, prosedur pelayanan dan harga yang mereka tawarkan. Dengan begitu, akan memiliki strategi untuk bersaing dengan para pengusaha yang sejenis.

BACA JUGA :  Bisnis Online Tanpa Modal Rumahan di Indonesia

Modal
Merintis usaha sendiri dari nol bukan berarti nol modal. Tetap membutuhkan modal untuk mengawali usaha. Berapa modal yang dibutuhkan? Tergantung usaha yang ingin dibuka.
Usaha dengan modal kecil maupun besar hampir sama. Harus tahu berapa modal yang dianggarkan untuk memulai usaha tersebut.
Disamping itu, jangan habiskan seluruh modal untuk kebutuhan usaha yang akan dijalankan. Minimal sisihkan 50% modal sebagai dana cadangan. Hal ini untuk mengantisipasi jika usaha mengalami kegagalan. Bisa menggunakan sisa dana tersebut untuk membangun kembali atau mengganti usaha.
Setiap usaha atau bisnis memiliki resiko kegagalan. Oleh sebab itu, dengan memakai modal sendiri, masih bisa mengontrol keuangan. Bayangkan jika meminjam uang di bank. Bisnis belum bisa meraih keuntungan secara signifikan namun tiap bulan harus membayar angsuran plus bunga yang tidak sedikit. Bisa keteteran dalam merintis usaha sendiri dengan modal kecil.

Advertisement

Rencana
Merintis usaha sendiri dengan modal kecil bukan berarti asal-asalan. Butuh persiapan dan perencanaan yang matang dalam memulai usaha. Hal ini untuk meminimalisir terjadi kegagalan dalam sebuah usaha.
Perlu diketahui, hampir semua kegagalan pelaku bisnis terjadi akibat kurang persiapan dan perencanaan yang baik dalam mengelola bisnis mereka. Jika sudah demikian, keuntungan tidak bisa diraup, modalpun habis.

Produk
Dalam menjalani suatu usaha, harus bersaing dengan banyak pengusaha lain yang sejenis dengan usaha. Melihat beberapa diantara mereka yang berhasil menarik begitu banyak konsumen.
Tentu mereka memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh usaha sejenis ditempat lain. Oleh sebab itu, definisikan keunikan produk yang akan ditawarkan pada konsumen.
Berkreasilah dalam membuat produk. Misal membuka usaha toko roti. Selain menjaga kualitas makanan, menggabungkan dengan tampilan bentuk roti yang unik. Misal dengan bentuk gambar kartun yang sedang trend saat ini. Berkreasi dengan produk yang dijual akan semakin menarik perhatian konsumen.

BACA JUGA :  Ide Usaha Kreatif Untuk Bisnis Anak Muda

Keuangan
seorang pedagang warung bakso yang memiliki beberapa cabang di satu kota? Jika ya, mungkin berfikir bahwa orang tersebut memiliki modal yang besar. Perkiraan mungkin benar namun bisa saja salah.
Mengapa? Seseorang yang telah membuka cabang karena usaha telah memiliki prospek cerah. Mereka memiliki manajemen yang baik serta mampu menjaring banyak konsumen.
Cukup sederhana. Meskipun modal kecil, merintis usaha sendiri dari nol perlu pemahaman pengelolaan keuangan yang baik. Memisahkan uang untuk bisnis dan uang pribadi. Sehingga bisa fokus dalam mengembangkan bisnis.

Promosi
Satu hal yang perlu diketahui, Sebagus apapun produk yang sajikan, tak lantas membuat banyak konsumen berdatangan untuk membeli produk. Maka dari itu, lakukan promosi untuk memperkenalkan produk.
Promosi bisa dilakukan dari mulut kemulut, menyebar brosur atau memasang iklan di koran lokal. Apalagi sekarang ini, para pebisnis semakin terbantu dengan hadir media sosial seperti Facebook, Twitter, Instragram, Whatsapp dan Youtube
Manfaatkan media sosial yang ada untuk mempromosikan usaha. Disamping itu, banyak cara untuk semakin menarik minat pengunjung seperti memberi diskon, sediakan kupon atau vocher dan system beli 1 gratis 1 yang sering diterapkan beberapa toko besar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*