Tips membuat bisnis lokal menjadi bisnis online

Tips membuat bisnis lokal menjadi bisnis online

Bisnis online baik untuk memperluas jangkauan calon prospek baru

Sebelum masuk ke pembahasan nya, mari sepakat dulu bahwa anda memiliki usaha/bisnis sekarang yang ingin diperluas jangkauan nya tanpa harus mengeluarkan biaya mahal saat anda merintis satu persatu di daerah yang anda targetkan untuk di kembangkan lebih besar lagi.

Apa anda setuju?

Jika iya sekarang anda pikirkan, mengapa kira-kira usaha/bisnis anda tidak bisa di pasarkan secara online? “loh kenapa yang gak bisa nya yang di pikirkan mas, kan harusnya poin kelebihannya yang di tonjolkan?”.

Kalau anda berpikir yang lebih-lebihnya itu akan mengarah ke impian bukan pemecahan masalah, namun jika anda berpikir dari sudut pandang kebalikannya maka anda akan mendapatkan poin-poin yang justru akan menjadi kelebihan utama bisnis anda jika ingin menambah status menjadi BISNIS ONLINESetuju ?

Sekarang jika anda sudah mengumpulkan alasan-alasan (wajib anda catat) mengapa bisnis anda tidak bisa di pasarkan secara online, silahkan di breakdown atau di samakan ke kategori seperti di bawah ini :

Advertisement
  1. Dapat di pasarkan ke luar daerah.
  2. Mempunyai cash flow yang stabil.
  3. Persaingan kompetitor di daerah anda.
  4. Kelebihan umum usaha/bisnis anda.
  5. Kecepatan delivery (jika menyangkut usaha berupa produk)
  6. Penentuan Margin (profit)
  7. Omset rata-rata per tahun.
  8. Target prospek/end user.
  9. Jumlah konsumen yang sering repeat order.
BACA JUGA :  Usaha dunia online dengan ternak website yang bisa di bayar per bulan tiap tahunnya

Beberapa list di atas masih bisa anda tambahkan lagi jika anda punya opini tersendiri, tujuan nya adalah untuk menyatukan data sehingga anda bisa menentukan target tersendiri juga saat mengaplikasikan itu menjadi BISNIS ONLINE.

Setelah anda punya data nya sekarang kita menuju ke teknis nya yaitu cara memulai bisnis secara online, seperti yang anda lakukan pada bisnis/usaha saat ini menurut anda wajar kah kalau anda memperlukan hal utama seperti kantor, lapak, toko dan sebagainya untuk fondasi berbisnis awal anda?

Di dunia online pun anda harus punya fondasi seperti itu agar calon-calon prospek anda percaya kalau bisnis/usaha anda memang benar ada dan menampilkan company profile anda mulai dari bidang bisnis nya, produknya, alamatnya, kontaknya dan lain sebagainya yang meningkatkan kepercayaan orang lain saat ingin mengetahui usaha anda.

Langkah pertama yang harus anda lakukan ada lah membuat WEBSITE, jangan langsung berpikiran sulit dulu karena sehebat-hebatnya orang di katakan PAKAR/AHLI itu pasti awal nya juga melalui proses belajar kan? Begitu pun dengan anda saat ini, selama sesuatu hal bisa menghasilkan pasti anda mau melalui prosesnya.

Kalau pun anda seorang yang super sibuk anda bisa memakai jasa untuk membuat sebuah website untuk keperluan bisnis/usaha anda, kenapa harus website?

Seperti yang saya bilang, website ini di ibaratkan rumah/kantor agar orang yang anda targetkan tahu dengan bidang bisnis/usaha anda karena dari website ini anda bisa memperoleh jalur TRAFFIC TERBESAR untuk calon prospek baru dari GOOGLE dan SOCIAL MEDIA.

Optimasi website anda entah itu berupa company profile, toko online, landing page untuk semi produk dan sebagainya semaksimal mungkin dan jangan lupa mencantumkan alamat serta kontak yang sesuai dengan alamat anda memakai google map.

BACA JUGA :  Apa itu dropship dan bagaimana sistem kerjanya

Setelah anda mempunyai website sekarang bagaimana cara nya mendapatkan traffic calon prospek baru kita, ini beberapa teknis yang bisa anda cari tahu teknik khusus atau caranya melalui artikel-artikel lain di situs ini :

1. Optimalkan website dengan artikel yang banyak dan penerapan SEO

(Apa itu SEO? secara garis besar nya ini adalah cara agar situs anda bisa masuk ke halaman pertama pencarian GOOGLE seperti gambar di bawah, mendapat peringkat pertama di google bukan nya proses mudah karena anda dapat menentukan kata kunci yang sering orang ketik untuk mencari informasi di internet, untuk itu jika anda ingin mendapat peringkat 1 wajib anda targetkan kata kunci/keyword yang relevan dengan usaha/bisnis anda pada tiap artikel di website anda, buat sebanyak-banyaknya agar dapat menargetkan banyak kata kunci di pencarian GOOGLE)

2. Iklan berbayar dengan GOOGLE ADS

(Jika anda mempunyai cash flow yang stabil, anda dapat mengalihkan dana promosi anda ke iklan berbayar di internet salah satu nya GOOGLE ADS, ini resmi layanan iklan dari google agar website anda sekaligus muncul di mesin pencarian google menjadi peringat 1 tapi dengan format tulisan (ADS/IKLAN) seperti gambar di bawah. Mahal kah promosi berbayar ini? jawaban nya tergantung teknik, karena untuk jumlah minimum beriklan disini sebelah 10 ribu rupiah juga bisa dan wajib bermain target kata kunci/keyword yang anda mau.)

3. Traffic GRATIS/BERBAYAR dari social media

(Tidak bisa di pungkiri sosial media saat ini tidak bisa di kategorikan lagi sebagai platform pencarian teman baru, chatting atau menghabiskan waktu luang anda. Saat ini justru social media menjadi sasaran empuk untuk berbisnis mulai dari perorangan sampai perusahaan besar. Untuk itu saya sarankan menggunakan platform FACEBOOK dan INSTAGRAM untuk mendapatkan traffic bisnis/usaha anda karena volume pengguna di 2 platform tersebut merupakan yang terbesar dan selalu meningkat tiap tahunnya. Anda bisa memakai layanan berbayar nya seperti FACEBOOK ADS  dan INSTAGRAM ADS.)

BACA JUGA :  Utamakan keamanan website dalam berbisnis online

Mungkin 3 hal di atas merupakan saran utama saya meski selain itu masih banyak cara lain untuk mendapatkan traffic yang compactible dengan usaha/bisnis anda namun 3 hal di atas wajib anda tahu dan kuasai terlebih dahulu. Bagaimana cara nya?

Anda bisa mengulik artikel-artikel di situs saya ini atau silahkan bergabung di channel telegram saya untuk tips-tips jitunya memaksimalkan POWER ketiga hal di atas secara update.

Silahkan like dan share jika menurut anda bermanfaat.

Be the first to comment

Silahkan Komentar