Tips Sukses Bisnis Kuliner Online

Tips Sukses Bisnis Kuliner Online
Tips Sukses Bisnis Kuliner Online

Bisnis kuliner selalu berkembang dan inovasi terbaru yang menarik untuk dijadikan peluang usaha. Perkembangan teknologi dan meningkat minat masyarakat terhadap segala sesuatu yang praktis, membuat banyak orang tergiur untuk ikut meraup sukses berbisnis kuliner online.

Jenis Makanan
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis kuliner online adalah memilih jenis makanan. Lakukan riset mengenai daya Tarik pasar, daya tahan produk, serta cara pengemasan yang benar. Jenis makanan kering yang relatif awet saat dikirim ke luar kota

Brand Makanan
Buatlah brand atau merk yang unik, menarik, serta mampu menggambarkan bisnis makanan. Tidak perlu memilih nama yang rumit, cukup nama yang simple tapi mudah diingat.

Promosi Makanan
Bagi yang baru merintis usaha kuliner online, manfaatkanlah media sosial sebagai sarana promosi. Media ini relatif murah dan nyaris tanpa biaya, serta cukup efektif menjangkau khalayak. Sebagai permulaan, Memperkenalkan bisnis kuliner kepada kerabat atau kawan dekat terlebih dahulu. Jika perlu, berikan sample produk dan minta testimoni untuk materi promosi. Setelah itu, secara perlahan bisa memperlebar jangkauan pemasaran.
Kunci berpromosi lewat media sosial dan online adalah gunakan foto yang berkualitas. Tentu sudah memahami bahwa foto memiliki kekuatan untuk menarik konsumen. Tidak perlu menyewa fotografer handal jika baru memulai bisnis. Untuk menghemat biaya, Membuat foto produk sendiri. Pelajarilah tips dan trik fotografi sederhana, lalu aplikasikan pada produk. Jangan lupa sertakan caption yang menarik yang bisa mendeskripsikan produk yang dijual. Ingat, jangan pernah menggunakan foto produk orang lain ya.

Advertisement

Invoasi Makanan
Salah satu kunci sukses berbisnis kuliner online adalah inovasi. Ingat, perkembangan bisnis kuliner online saat ini semakin pesat. Di luar sana, banyak kompetitor yang menjual produk serupa. Jika tidak ingin bisnis ditinggalkan pelanggan, Terus mencari inovasi baru. Jangan biarkan konsumen bosan dengan produk yang itu-itu saja.

BACA JUGA :  Lahan Bisnis Yang Memiliki Prospek Profit Menjanjikan

Selain berinovasi dalam segi jenis makanan, Dituntut untuk bisa berinovasi dalam segi teknologi. Bagaimana membuat suatu website khusus untuk brand kuliner. Hal ini perlu dilakukan demi memudahkan para customer dalam menjangkau dan menemukan bisnis, baik seperti melakukan pemesanan, tentang produk yang disediakan, termasuk memberikan kritik dan saran.

Terbukti banyak nama-nama merek makanan yang terkenal dalam waktu yang singkat karena menggunakan strategi marketing digital. Contoh saja Kripik Maicih, produk olahan singkong ini berhasil dikenal hingga ke negeri tetangga hanya dengan memanfaatkan media sosial yang populer saat itu, yakni Twitter. Nah juga ingin mencicipi kesuksesan di bisnis makanan secara online? Tidak ada salah untuk mulai dari sekarang. Tidak ada pengalaman dan masih bingung produk makanan apa yang ingin dijajakan? Tenang, pada artikel kali ini kami akan berikan 7 ide bisnis makanan yang bisa dijajakan di dunia maya.

Makanan kalengan
masyarakat kini lebih suka yang simpel dan tidak memakan waktu banyak, apa lagi untuk urusan perut. Di tengah jadwal yang padat dan sedikit waktu, banyak di antara mereka yang lebih baik memesan makanan ketimbang harus memasak. Tapi karena tidak bisa selalu seperti itu, solusi mereka membeli makanan instan yang proses memasak tidak membutuhkan waktu yang lama seperti makanan kaleng.

Lauk Kering
Lauk kering juga potensial untuk dijalankan secara online sebab makanan ini memiliki daya tahan yang lumayan lama dan praktis. Bahan makanan yang biasa dibuat kering bermacam-macam misal tempe, daging sapi yang diolah menjadi rendang kering, abon, dan masih banyak. Nah, jadi bila punya resep dan keahlian memasak makanan kering bisa mulai usaha ini dan menjual secara online.

BACA JUGA :  Tips Langkah Awal Memulai Usaha Bisnis dari Bawah

Frozen Food
Bisnis makanan online adalah frozen food, sama seperti bisnis lauk kering dan juga kalengan jenis makanan ini tidak akan cepat basi jadi cocok untuk dijual secara online. Tapi tentu penyimpan pun juga harus diperhatikan. Jika tidak, pasti akan mempengaruhi kualitas dan rasa produk frozen food yang ditawarkan. Bahan makanan yang bisa diolah menjadi beku bermacam-macam ada daging ayam, sapi, ikan, dan bahan makanan sefood lain. Bahan-bahan tersebut dibuat menjadi sosis, bakso, nugget dan siomay.

Catering
Catering merupakan salah satu usaha makanan yang juga jadi peluang usaha favorit pengusaha. Pelaku usaha yang memilih bisnis ini disebabkan karena profit cukup menjanjikan, belum lagi jika mendapatkan pesanan dalam jumlah yang besar. Mereka yang memulai bisnis ini menyediakan jasa catering untuk acara, kantor maupun pribadi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*