Usaha Catering Rumahan

By | December 22, 2018

Tips-tips Memulai Usaha Katering untuk Pemula

Bisnis katering adalah salah satu bisnis yang mulai banyak digandrungi masyarakat. Apalagi kini, memulai bisnis katering tidak harus memiliki modal yang cukup besar. Dengan modal yang kecilpun ternyata anda sudah bisa memulai bisnis katering. Namun tentu saja ada beberapa cara memulai bisnis katering bagi anda yang ingin mencoba.

Anda tertarik untuk membuka bisnis catering tapi belum siap melakukan? Tenang saja, walaupun Anda seorang pemula, pastinya Anda akan belajar seiring berjalan usaha tersebut. Karena menjadi seorang pengusaha bukan hanya kerja keras tetapi dibarengi niat dan juga doa agar usaha akan terus berkembang. Berikut beberapa tips memulai usaha catering untuk pelaku usaha pemula.

  • Mempunyai Usaha Katering Makanan yang Bervariasi

Katering makanan yang Anda sediakan hanya nasi kotak saja? Memang nasi kotak merupakan salah satu jenis katering yang masih banyak diminati pelanggan, tetapi Anda bisa saja memiliki inovasi catering yang lebih berbeda seperti makanan sehat, makanan khusus tanpa minyak,dan masih banyak lagi.

Buatlah sebuah makanan yang mempunyai USP (Unique Selling Point) supaya mendapatkan perhatian dari banyak pelanggan.Tidak perlu hanya makanan, kemasan juga bisa menjadi nilai pasar jika anda mempunyai desain katering yang menarik. Pastikan juga Anda selalu melakukan research dengan produk kompetitor agar bisa membandingkan produk Anda dengan produk orang lain.

  • Mencari Supplier Bahan Makanan Katering yang Ekonomis

Supplier atau tempat membeli bahan merupakan hal penting terutama dalam usaha katering ini. Karena tidak semuasupplier memiliki bahan yang berkualitas sama. Untuk itu, Anda perlu melakukan pencarian seperti melewati teman, internet, atau bahkan dengan kompetitor Anda.

Kompetitor bukanlah seorang musuh karena mereka yang membuat Anda kini ingin membuka usaha sendiri. Maka dari itu, bikinlah semua kompetitor adalah teman Anda karena ilmu tidak terbatas hanya karena sebuah kompetisi.

  • Memasarkan Jasa Katering Online dengan Media Internet

Banyak sekali masyarakat yang kini menggunakan media internet sebagai salah satu tempat pemasaran online atau digital marketing seperti media sosial, website, dan lain. Hal ini bisa menjadi kesempatan emas karena usaha toko daring atau online shop kini tengah banyak digeluti pengusaha-pengusaha baru.

Media internet yang pas untuk jasa katering online yaitu media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain. Anda juga bisa menggunakan fasilitas periklanan seperti Facebook Ads atau Google Ads sebagai salah satu promosi katering makanan Anda.

  • Mendaftarkan Sertifikasi Halal khusus Usaha Katering

Usaha katering juga butuh sekali sertifikasi halal. Hal ini dikarenakan banyak pelanggan pintar yang kini mulai detail dalam masalah membeli makanan. Makanan sendiri merupakan hal penting karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas muslim paling banyak.

Salah satu alasan bisnis Katering merupakan bisnis yang akan terus ada karena kebutuhan yang selalu meningkat. Jadi, bisnis Katering adalah bisnis yang cocok bagi anda yang ingin mulai memfokuskan diri untuk berwirausaha. Dan jika anda bingung harus memulai bisnis ini dari mana dan bagaimana cara memulai bisnis katering itu, berikut langkah-langkah:

  • Menentukan jenis katering

Cara memulai bisnis katering yang pertama adalah menentukan jenis katering yang ingin anda fokuskan. Hal ini penting mengingat ada beberapa jenis katering yang tentu saja memiliki target pasar sendiri.Jenis-jenis katering itu adalah :

a. Katering Khusus

Katering khusus adalah jenis Katering besar dimana Katering ini akan menangani acara-acara besar atau yang bersifat khusus seperti selamatan ataupun pernikahan. Salah satu yang membedakan Katering khusus ini dengan Katering lain adalah jumlah porsi makanan yang besar dan jugabiasa menggunakan sistem prasmanan dalam penyajian makanan.

b. Katering Kantoran

Tidak jauh berbeda dengan Katering khusus,hanya saja Katering kantoran biasa menangani acara-acara kantoran saja. Sistem lebih beragam, mulai dari prasmanan ataupun nasi boks.

c. Katering Rumahan

Katering rumahan adalah Katering yang hanya menangani jumlah pesanan dalam jumlah kecil dan terbatas. Biasa Katering ini hanya melayani jumlah pesanan sampai dengan 150 porsi dengan sistem boks.Katering rumahan ini bisa dijumpai pada saat acara-acara rumahan seperti selamatan ataupun arisan.

d. Katering Anak

Maksud dari Katering anak adalah menyiapkan makanan sehat untuk anak. Katering ini bertugas untuk memberikan pelayanan makanan sehat yang ditujukan untuk anak-anak.

  • Persiapan modal

Modal adalah satu kepastian yang harus anda persiapkan setiap kali ingin memulai usaha. Baik berupa modal keuangan atau modal mental. Modal ini sangat penting karena terkadang besar modal inilah yang menentukan banyak keuntungan yang akan didapatkan.

Modal keuangan, misal. Modal keuangan adalah salah satu modal yang paling sering di pusingkan oleh banyak pelaku usaha. Karena bagi beberapa orang, modal keuangan adalah modal yang cukup sulit untuk didapatkan. Terlebih untuk memulai bisnis Katering dimana modal keuangan yang dibutuhkan sangat bervariasi tergantung dari jenis Katering yang ditekuni.

Walaupun modal keuangan bersifat variasi,namun modal tetap dibutuhkan untuk mendapatkan bahan dasar dari makanan atau peralatan penunjang usaha Katering ini. Bervariasi modal tergantung dari banyak atau tidak porsi yang dipesan.

  • Menyiapkan keterampilan

Keterampilan sebenarnya masuk kedalam modal selain uang. Modal keterampilan yang dimaksud bisa berupa modal keterampilan memasak ataupun modal keterampilan manajemen.

Bentuk dari modal keterampilan memasak bisa berupa menciptakan keunikan rasa tersendiri bagi Katering anda. Karena seperti kita tahu, belakangan ini, masyarakat mulai menyukai hal-hal yang berbau unik.Jadi jangan heran jika sewaktu-waktu anda makan diluar dan melihat makanan sederhana namun dijual dengan harga mahal karena tampilan dan rasa yang unik.

Selain modal keterampilan, modal manajemen adalah salah satu modal yang sangat penting dalam berwirausaha. Seperti misal dalam memanajemen keuangan, peralatan, waktu kerja, transportasi, ataupun tenaga kerja. Manajemen adalah tentang peraturan ataupun sistem. Tanpaperaturan dan sistem ini, sudah pasti usaha anda tidak akan berjalan sesuai

  • Mencari Supplier

Supplier adalah hal penting lain yang harus anda dapat jika ingin berbisnis Katering. Kenapa? Karena dengan ada supplier ini, anda bisa mendapatkan barang kebutuhan Katering anda dengan harga yang lebih murah.

Untuk mendapatkan supplier ini cukup mudah.Anda hanya harus menemukan tempat penjualan, misal sembako, yang lengkap lalu buat pendekatan secara emosional kepada pemilik. Dengan pendekatan ini diharapkan anda semakin akrab dengan pemilik dan pemilik atau supplier pun akan memberikan harga yang lebih murah kepada anda dibandingkan kepada konsumen lain.  Namun salah satu syarat untuk mendapatkan harga yang murah ini adalah harus membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

  • Bekerja di Katering

Cara memulai bisnis Katering yang kelima adalah dengan bekerja di Katering. Hampir seluruh Katering yang ada tidak memiliki waiter tetap. Mereka mencari freelancer sebagai tenaga kerja untuk menekan biaya pengeluaran mereka. Jadi, jika anda mendengar ada lowongan kerja sebagai waiter dan mengambil kesempatan ini, anda akan sangat terbantu karena akan tahu secara lebih detail bagaimana bisnis Katering bisa berjalan.

  • Mencari Teman

Bukan asal mencari teman, tapi carilah teman yang memiliki basic Katering. Dengan memiliki teman yang memiliki basic Katering diharapkan anda bisa mengetahui seluk beluk dunia Katering dari. Untuk mendapatkan teman ini, tidak selalu harus dengan bekerja pada Katering.Anda hanya cukup datang ke acara perayaan pernikahan, misal, untuk dapat berkenalan dengan orang baru yang bekerja di Katering.

  • Pelajari Tehnik Menawar Harga

Jika di lapangan anda tidak juga mendapatkan supplier untuk membantu pemenuhan bahan dasar Katering anda, yang harus anda lakukan adalah belajar teknik berbelanja seperti misal menawar. Dengan tehnik ini, kemungkinan anda mendapatkan harga bahan dasar yang lebih murah akan sangat besar sehinga anda bisa menghemat pengeluaran anda.

  • Media Sosial

Kini media sosial adalah hal yang dasar yang harus dimiliki. Karena dari media sosial inilah kita akan mengetahui perkembangan apa yang saja yang sedang terjadi di masyarakat secara on time.Seperti misal perkembangan trend fashion, makanan, ataupun konsep sebuah acara. Dengan media sosial ini anda akan dimudahkan untuk mencari ide sehingga konsep Katering anda nanti akan semakin kaya. Selain itu, dengan cara promosi yang tepat, bisnis Katering anda akan dengan cepat dikenal oleh masyarakat.

  • Harga

Harga adalah hal utama yang dipertimbangkan oleh pelanggan anda. Sebagai ‘pendatang baru’ usahakan anda jangan mematok harga yang terlalu tinggi sama seperti harga-harga pada Katering lain. Jika memang memungkinkan, patok harga yang lebih rendah dari Katering lain yang sejenis untuk menarik pelanggan. Terlebih jika pasar anda adalah masyarakat menengah kebawah. Harga yang rendah dan promosi yang terus berkelanjutan adalah cara terbaik untuk mendatangkan pelanggan.

  • Brosur

Walaupun membutuhkan modal yang cukup besar, membuat dan membagikan brosur adalah cara lain yang harus anda coba untuk mengiklankan bisnis Katering anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *