Usaha Kecil Menguntungkan dengan Modal Kecil

Usaha Kecil Menguntungkan dengan Modal Kecil
Usaha Kecil Menguntungkan dengan Modal Kecil

Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa manfaatkan.Diantaranya adalah dengan memulai usaha bisnis rumahan modal kecil untung besar, intinya harus jeli memilih yang paling menguntungkan dan menjanjikan. Oleh karena itu khusus untuk yang sedang ingin memulai bisnis dan inspirasi ini sangat cocok sekali untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan kantor, pengusaha pemula dan semua orang yang butuh ide peluang bisnis. Beberapa peluang usaha yang bisa coba diantara adalah :

  • Membuka Usaha Kursus Memasak

Peluang Usaha ini sangat cocok bagi yang memiliki hobby memasak dan cerdas dalam meracik berbagai bumbu dapur. Kini dapat membagikan ilmu ini pada semua orang dengan membuka kursus memasak. Tak hanya berbagai ilmu juga memperoleh keuntungan disini.

Membuka usaha kursus memasak tidak membutuhan modal besar. Bahkan bisa melakukan kursus ini di dalam rumah sendiri. Jika usaha kursus ini sudah berkembang, baru dapat membuka dapur kursus pribadi. Cukup berbekal ilmu pandai meracik dapur saja akan memperoleh keuntungan.

Kursus memasak bisa di targetkan untuk beberapa keperluan,kursus memasak kue, kursus memasak makanan rumah, kursus memasak acara hajatan.Tentukan target kursus sesuai kemampuan yang dimiliki. Jangan sampai membuat para murid kursus nanti kecewa! bahkan bisa menyelingi proses masak memasak ini dengan berbagai ilmu manfaat sayur, cara memotong yang benar, dan cara penyajian. Dengan budget minim membuat masakan rumah yang enak bisa di tawarkan pada pasangan suami istri yang baru menikah.

Advertisement
  • Jualan Nasi Keliling dengan Mobil

Peluang Usaha satu ini memang terbilang sangat unik dan efisien karena jika tak memiliki tempat di halaman rumah dan tidak dapat menyewa tempat untuk berdagang. Mengapa tidak memilih cara ini?

Bahkan bisa membuka stand dimanapun dan kapanpun. Para pelanggan juga semakin meluas. Dengan begini tentu peluang keuntungan bisnis akan lebih besar dibanding berjualan di satu tempat.

Yang jelas,harus pandai melayani pelanggan, memberikan makanan-makanan lezat dengan keunikan tersendiri. Apalagi jika mematok harga jual yang ekonomis. Bukankah lebih baik laku banyak dengan harga ekonomis dibanding laku sedikit dengan harga mahal?

Jangan lupa juga untuk menghitung biaya bensin, tenaga, dan kebutuhan lain agar mendapat keuntungan laba yang seimbang.

  • Budidaya Ikan Lele

Memulai usaha budidaya ikan lele juga tak memerlukan modal besar. Cukup manfaatkan tanah kosong di halaman rumah. Memulai dengan membuat kolam terpal berukuran 2 x 3 cm.hanya perlu menggali lubang sekitar 30 cm.

Budidaya ikan lele memang sangat mudah dibanding jenis-jenis ikan lain. Apalagi dekat-dekat ini banyak rumah makan yang meminta di suplai ikan lele. Rasa yang lezat dan gurih menjadikan ikan lele sering diburu sebagai lauk lalapan lezat semua orang.

BACA JUGA :  Usaha Catering Rumahan

Untuk memulai bisnis ini manfaatkan saja Google. Ketikkan kata kunci  “Beli Bibit di Jakarta”carilah penjual lele di wilayah terdekat. Setelah melakukan budidaya pembesaran ikan lele, nantibisa mengembangkan bisnis menjadi penjual bibit benih lele. Dan ukuran kolam pun akan terus bertambah luas.

  • Jasa Cuci Mobil atau Motor

Membuka usaha jasa yang satu ini juga tidak membutuhkan modal besar.akan segera mendapat untung lebih apalagi jika jasa cuci mobil atau motor berada di daerah strategis. Awal pasti akan kerepotan sendiri. Ya.. Apalagi jika yang mengurus segala adalah.

Bisnis satu ini memiliki banyak keuntungan.  1 cuci motor saja di bayar Rp. 10.000,- 1mobil Rp. 20.000,- Bagaimana jika ada 10 motor dan 10 mobil?

Jika usaha ini mulai ramai dan keuntungan yang peroleh semakin banyak.bisa mengangkat karyawan.tak perlu lagi repot-repot mengurusi cuci mobil sendiri. Ya.. disinilah menjadi bos dan memperoleh keuntungan besar dibanding menjadi karyawan orang lain.

  • Fotocopy

Jika memiliki ruko atau rumah yang berada di daerah strategis dekat kampus, sekolah, dan kantor-kantor pemerintah. Membuka usaha fotocopy juga sangat menguntungkan. Meskipun terlihat sepele, nyata menduplikat data itu sangat diperlukan untuk beragam kebutuhan.

Jika membuka usaha ini, barengi saja dengan menjual perelengkapan alat-alat tulis. Dengan keuntungan juga bertambah.

Jangan lupa memperhatikan kualitas dari hasil cetak fotocopy. Ini akan sangat mempengaruhi kepuasan konsumen. Usahakan untuk membeli mesin cetak fotocopy berkualitas baik agar hasil cetakan yang diperoleh juga memuaskan.

  • Jasa Les Privat

Jika dulu waktu sekolah merupakan orang yang berprestasi,mengapa tak memanfaatkan ilmu itu?bisa membuka jasa les privat untuk anak sekolahan. Bisa mencakup semua mata pelajaran, atau pada mata pelajaran tertentu.

Melakukan proses belajar mengajarpun hanya membutuhkan papan tulis dan spidol saja.bisa memanfaatkan ruang tengah rumah sebagai tempat mengajar.Jika mengajari dalam bentuk privat,cukup datang pada rumah siswa nanti bukan?

Jika ahli dalam suatu bidang seperti kesenian tari, melukis,menyanyi, bermain musik. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa les privat.

  • Rental Mobil

Jika mempunyai mobil banyak di rumah dan jarang dipakai,bisa memanfaatkan untuk usaha rental. Dalam waktu 12 jam, dapat menyewakan harga mobil berkisar Rp. 275.000,- dan untuk 24 jam Rp. 450.000,-. Bayangkan saja bila setiap hari ada orang yang menyewa mobil?

BACA JUGA :  Kelebihan dan Kekurangan Usaha Rumahan

Mematok harga sewa mobil ini tergantung merk dan untuk hal apa mobil nanti digunakan. Jangan sampai salah memberi harga, jika terlalu mahal memberi harga justru tak ada yang mau menyewa mobil.

Meskipun keuntungan yang diperoleh besar, nyatanya usaha rental mobil harus memiliki kewaspadaan penuh.harus memastikan siapa yang menyewa dan identitas lengkap. Hal ini pun memperkecil peluang mobil dibawa kabur orang. Bahkan bisa memberikan pengawasan lebih pada mobil, seperti GPSatau semacam. Ini akan memastikan bahwa mobil tetap dalam kondisi aman dan tak sampai dicuri si penyewa.

Anda pun tak harus memiliki mobil banyak untuk membuka rental mobil. Mobil 1 saja sudah cukup.tinggal menyewakan mobil yang biasa pakai ini, sementara di sewa bisa menggunakan kendaraan yang lain.

  • Content Writer

Seorang penulis lepas menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Ini sama seperti menjual jasa kepada orang lain. Belakangan ini,jasa penulis selalu dicari para pemilik bisnis online untuk meningkatkan traffic pengunjung atau viewers mereka.

Nah, untuk itubisa menawarkan jasa menulis artikel atau konten yang mereka butuhkan. Semua topik pembicaraan biarlah mereka yang menentukan.hanya perlu menulis topik yang diinginkan lalu menjual pada mereka.

Setiap artikel atau konten yang dibuat diberi harga sesuai dengan jumlah kata. Bisa 300 kata, 500 kata, 1000 kata dan lebih. Untuk menjadi seorang content writer ini harus pastikan artikel yang dibuat murni tanpa copy paste pada website lain. Hal ini sangat penting karena mempengaruhi kualitas tulisan.

  • Rental Playstation

Membuka rental Playstation merupakan bisnis yang menjanjikan. Apalagi membuka rental ini dapat buka langsung pada ruang kosong dirumah. Sebelum itu,harus pastikan dulu apakah lingkungan tempat yang akan dibuka rental banyak anak-anak serta remaja yang bermain PS.

  • Usaha Percetakan

Usaha yang tak membutuhkan banyak modal.bisa memulai hanya dengan modal laptop atau PC dan printer saja. Usaha ini juga bisa buka dirumah. Ya.. Memilih lokasi rumah yang strategis memang kunci utama sebuah usaha. Jika lokasi rumah tidak strategis,maka usahakan untuk menyewa tempat (ruko). Dengan begini usaha akan lebih dikenal masyarakat dan berpeluang mendapat keuntungan besar.

Usaha percetakan bisa mencakup: percetakan undangan,percetakan makalah, percetakan brosur, dsb. Jika mempunyai pengalaman di bidang editor,bisa menawarkan pula jasa untuk edit-edit undangan, brosur, dan cover makalah. Ini akan menambah keuntungan bisnis kecil.

Jika usaha percetakan ini mulai berkembang,juga bisa menjual beragam pelatan tulis untuk sekolah, menjual buku, atau bahkan mesin fotokopi.

  • Fotografer

Usaha fotografi justru melejit dan berkembang pesat. Banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer untuk mengabadikan beragam momen. Baik momen pernikahan, kelahiran bayi, wisata, sampai foto perpisahan kelas.

BACA JUGA :  Cara Usaha Laundry Pemula

Jika mempunyai modal kamera yang cukup canggih dan laptop berserta aplikasi editor, mengapa tak coba membangun usaha ini? Meskipun tidak mempunyai pengalaman dan selama ini asal-asalan mengambil gambar. Kini bisa berlatih mengambil spot gambar terbaik untuk mengetahui angle.

Peluang Usaha fotografer bahkan sama hal dengan melakukan hobby. Dijamin tidak akan bosan merintis usaha ini.

  • Usaha Kerajinan Tangan

kerajinan tangan juga berpeluang menjadi bisnis berkeuntungan besar loh! Bahkan bila tak memiliki modal,bisa manfaatkan barang-barang di sekitar untuk dijadikan sebuah kerajinan tangan. Kerajnan tangan ini bisa jual sesuai tingkat kerumitan dan keunikan. Jika rumah berada disekitar tempat wisata, membuka bisnis ini bisa dijadikan buah tangan para pengunjung.

Anda bisa menciptakan beragam kerajinan tangan yang unik untuk di kumpulkan para kolektor. Atau ciptakan saja kerajinan tangan yang bisa dipakai sehari-hari, seperti tas dari bahan bekas, sandal hotel dengan lukisan, cermin dengan miniatur kerang, dan sebagai. Hal ini mempunyai nilai ekonomi tinggi di masyarakat.

Nah, bila lokasi rumah kurang strategis dan jauh dari tempat wisata. Jangan khawatir! tetap bisa memasarkan secara online. Sebar semua kerajinan tangan di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan janganl upa manfaatkan Marketplace.

  • Jasa Penitipan Sepeda Motor

Rumah berada di tempat yang strategis atau bersebelahan dengan sekolah, kantor, tempat wisata, mall dan pusat perbelanjaan.bisa manfaatkan hal ini untuk membuka tempat jasa penitipan sepeda motor. Melihat keuntungan yang cukup besar,  pekerjaans atu ini memang terbilang sangat mudah! Bahkan setiap hari hanya perlu duduk tenang dan bersantai.

Hanya saja dalam bisnis ini perlu menyiapkan lahan parkir yang cukup luas. Jika menggunakan rumah sebagai lahan, jangan kaget bila halaman rumah nanti penuh dengan motor yang berdesak-desakan. Untuk itu,harus menyediakan lahan yang cukup luas. Selain menghindari motor berdesak-desakan,pun akan memperbesar peluang jumlah motor yang diparkir setiap hari akan terus meningkat. Keuntungan akan terus bertambah!

Selain melihat keuntungan,harus pastikan kepuasan para pemakir motor nanti. Usahakan agar motor yang dititipkan terlindungi dari panas dan hujan serta keamanan terjaga dengan baik. Baik keamanan barang-barang yang tertinggal, helm, dan motor dari kelecetan.

Dengan membuka bisnis ini, saya jamin tidak akan rugis epeserpun.tidak repot dan keuntungan terus mengalir setiap hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*