Niat puasa ramadhan dengan pengenalan dasar wakaf yang memakai asuransi syariah

Halal kah wakaf uang dengan asuransi syariah

Di bulan ramadhan yang suci ini marilah kita mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat agar dapat menguatkan iman kita sehingga niat puasa full dapat tercapai. Untuk kali ini saya akan membagikan tentang ibadah wakaf yang untuk sebagian besar muslim masih awam di karenakan pengertian wakaf hanya lah terbatas untuk golongan orang-orang mampu saja. Mendasar dari artikel tentang Biro Konsultasi dan Perencaan Wakaf yang mempunyai misi dan visi untuk mempermudah ibadah wakaf agar bisa di manfaatkan seluruh kalangan dengan dasar WAKAF UANG.

Perlu anda ketahui bahwa WAKAF UANG sudah memiliki landasan hukum yang sah yaitu tercantum di peraturan pemerintah RI nomor 42 tahun 2006. Adapun pun isi nya bisa anda baca dengan seksama bahwa intinya dalam pelaksanaan wakaf uang pastinya memerlukan instansi yang dapat mengelola dana dengan pengawasan dan sistem yang harus di laksanakan berdasar hukum yang berlaku. Dalam hal ini di sebutkan nya lembaga keuangan syariah.

Namun pertanyaan nya apa kah karena ada kata syariah lalu Asuransi Syariah juga menjadi legal? Inilah penting untuk mengetahui dasar-dasar nya terlebih dahulu mulai dari Definisi asuransi syariah, yaitu usaha untuk saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko atau bahaya tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. (Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 21/DSN-MUI/X/2001). Untuk lebih lengkap nya anda bisa membaca penjabaran nya DISINI

Pada kesimpulannya, wakaf uang dan instrumen asuransi syariah telah sah menurut peraturan hukum. Tapi untuk penerapannya masih sangat rendah sekali karena kurang nya literasi dan pemanfaatan yang tepat untuk menggabungkan wakaf uang dengan instrumen asuransi syariah. Oleh karena itu Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia melalui program Biro konsultasi dan perencanaan wakaf nya mengambil langkah untuk turut serta membantu meningkatkan literasi edukasi wakaf pada seluruh lapisan masyarakat agar memperoleh kemudahan dalam mewujudkan amal jariyah dengan berwakaf.

Untuk itu mari kita mengulas lebih dalam mengenai program-program Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia dalam mewujudkan misi visi nya untuk kebaikan umat islam di indonesia mengingat masih sangat tinggi nya minat masyarakat dalam beribadah yaitu dapat di lihat dari angka perserta umroh yang terus meningkat tiap tahun nya. Ada baiknya untuk melihat dan mempelajari lebih lanjut tentang program wakaf uang yang akan di terapkan dan di permudah melalui Duta Wakaf sehingga tercipta amal jariyah.


Opportunity

Informasi Peluang Bisnis Abad Ini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*